Penetapan Kampung KB Sudah Melalui Berbagai Pertimbangan

Kampung KB Desa Pawis Hilir, Kabupaten Landak, Kalbar

Landak, thetanjungpuratimes.com – Ditetapkannya Desa Pawis Hilir, Kecamatan Jelimpo, Kabupaten Landak sebagai Kampung Keluarga Berencana (KB) sudah melalui beberapa pertimbangan.

Hal tersebut dikatakan Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Landak, Sudarmo.

Menurutnya, pertimbangan tersebut diantaranya, angka partisipasi penduduk usia sekolah masih rendah.

“Kemudian, peserta KB aktif lebih rendah dari capaian rata-rata tingkat desa di Landak, partisipasi remaja dalam kegiatan Generasi Berencana (Genre) melalui Pusat Informasi dan Konseling (PIK) belum maksimal dan sejumlah pertimbangan lainnya,” kata Sudarmo, Kamis (14/4).

Sedangkan untuk tujuan umum penetapan Kampung KB yakni, meningkatkan kualitas hidup masyarakat ditingkat kampung atau yang setara melalui program kependudukan, KB dan pembangunan keluarga.

“Tujuan khususnya, meningkatkan peran pemerintah, Pemerintah Daerah, lembaga non pemerintah dan swasta dalam memfasilitasi, pendampingan dan pembinaan masyarakat untuk menyelenggarakan program kependudukan, KB, pembangunan keluarga dan pembangunan sektor terkait,” tutupnya.

(NY/Dede)

Related Posts