Pemerintah Siapkan Klinik IKM

Industri Kecil Menengah (IKM)

Manado, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara akan menyiapkan klinik industri kecil menengah (IKM) guna meningkatkan kualitas dan daya saing.

“Tahun ini kami akan menyiapkan khusus klinik IKM sehingga semua kebutuhan maupun keluhan bisa disampaikan di klinik UKM tersebut,” kata Kepala Bidang Fasilitasi Pengembangan IKM Dinas Perindustrian dan Perdagangangan Provinsi Sulut Alwy Pontoh di Manado, Jumat (15/4).

Dia mengatakan dalam klinik IKM, para pelaku usaha tersebut bisa mendapatkan edukasi, pembekalan, bimbingan guna meningkatkan kualitas IKM tersebut.

“Di era teknologi dan pasar bebas saat ini menuntut semua IKM untuk tampil lebih baik dan berdaya saing,” jelasnya.

Dia menjelaskan dalam klinik IKM juga termasuk di dalamnya rumah kemasan, sehingga selain meminta layanan perbaikan atau dibuatkan desain, Klinik IKM juga memberikan konsultasi kepada IKM yang datang langsung.

Klinik IKM memiliki tenaga operasional, yaitu tim desainer produk dan grafis yang berkualitas serta instruktur yang berpengalaman.

“Kami akan menyiapkan tenaga yang profesional dan mampu memberikan edukasi dan konsultasi bagi IKM yang mengalami kesulitan dalam usahanya,” jelasnya.

Dia mencontohkan, IKM akan mendapat edukasi seperti kemasan produk yang tidak hanya berfungsi sebagai wadah, tetapi juga mampu berfungsi sebagai sarana promosi yang berdaya jual.

“Selain itu, mampu memenuhi fungsi lainnya seperti memberikan perlindungan bagi produk yang dikemas, sumber informasi dan memiliki ciri khas produk, sehingga konsumen tertarik dan merasa puas dengan produk tersebut,” katanya.

(Ant/Dede)

Related Posts