BKD Kalbar Dukung Penolakan Lelang Jabatan

Kartius, Penjabat Bupati Ketapang

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kalimantan Barat, Kartius mengatakan pihaknya akan mendukung penuh aksi penolakan Lelang Jabatan yang dilakukan Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI).

“Belum lama ini, APPSI menggelar raker di Balikpapan, di mana salah satu poin rekomendasi dari hasil raker itu adalah menolak proses lelang jabatan. Kami dari BKD Kalbar jelas sangat mendukung hal itu karena kami juga menilai lelang jabatan itu merupakan hal yang tidak relevan,” kata Kartius di Pontianak, Sabtu (16/4).

Kartius menilai proses lelang jabatan yang dilakukan oleh Komisi Aparatur Negeri Sipil yang dilakukan selama ini, merupakan suatu pemborosan karena selain menghabiskan banyak anggaran.

Terlebih, menurutnya, Peraturan Menteri (Permen) dalam penertiban aparatur negara dan reformasi birokrasi nomor 13 tahun 2014 tentang pengisian jabatan secara terbuka juga dipertanyakan keabsahannya.

“Selain Permen nomor 13 tahun 2014 dipertanyakan, Permen tersebut juga boleh dikatakan ilegal. Karena dasarnya Permen itu belum kuat,” tuturnya.

Permen tersebut, kata Kartius jelas bertolak belakang dengan Reformasi birokrasi, yang mengharuskan dihilangkannya pelayanan atau jenjang, agar tidak berbelit-belit, sehingga bisa hemat efisien dan memerlukan waktu yang cepat.

(Ant/Dede)

Related Posts