LPDP Siapkan Beasiswa Dalam dan Luar Negeri untuk Master dan Doktor

LPDP Siapkan Beasiswa Dalam dan Luar Negeri untuk Master dan Doktor

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Forum Mahasiswa Ilmiah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura (Formasi Untan) bekerjasama dengan Gema Mahardika melakukan Talkshow Beasiswa Dalam dan Luar Negeri 2016 di Aula Rektorat Untan, pada Sabtu (16/4) siang.

Talkshow Beasiswa yang bertema Memaksimalkan Penerima Beasiswa Dalam dan Luar Negeri dari Kalimantan Barat ini mengupas tentang strategi, tips dan trik bagaimana mendapatkan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).

Ada sebanyak enam orang yang menjadi pembicara, dua dari kalangan dosen Untan dan empat pembicara dari Awardee LPDP Kalbar. Sementara peserta dari kalangan umum sebanyak 130 orang.

Ketua Panitia Talkshow, Wahyu Tria Devi Feriandi, mengatakan, beasiswa LPDP ini adalah beasiswa yang diperuntukkan khusus untuk program S2 dan S3.

Lebih lanjut Wahyu mengatakan, siapa saja yang ingin melanjutkan studi ke luar negeri bisa melalui jalur seperti ini.

“Diharapkan dengan diadakan acara seperti ini banyak peserta yang ikut beasiswa LPDP dan banyak juga yang lolos mendapatkan beasiswa ini ke luar negeri,” jelas Wahyu.

LPDP sendiri telah menjadwalkan pendaftaran beasiswa pendidikan reguler (magister-doktoral) dan beasiswa pendidikan dokter spesialis serta beasiswa pendidikan afirmasi periode pertama tanggal 22 Oktober 2015 – 20 Januari 2016, sementara periode kedua pada tanggal 21 Januari -15 April 2016.

Untuk pendaftaran periode ketiga 16 April-15 Juli 2016 dan periode keempat 16 Juli-14 Oktober 2016.

Sedangkan jadwal pendaftaran untuk beasiswa pendidikan tesis dan disertasi periode pertama pada tanggal 25 Juli 2015-20 Januari 2016, sementara untuk periode kedua 21 Januari 2016-15 Juli 2016.

Kiki Priyo Utomo, dosen teknik lingkungan Untan yang dimintai tanggapannya mengenai Talkshow Beasiswa ini, mengatakan, bahwa acara ini bagus, karena banyak orang yang ingin mendapatkan beasiswa, tetapi tidak tahu mesti melakukan apa, dengan acara seperti ini dapat memberikan informasi mengenai beasiswa tersebut dan bagaimana cara mendapatkannya.

“Kalau bisa sering-sering diadakan acara seperti ini, sangat bagus acaranya,” ujarnya.

Hal senada disampaikan Helma Malini, dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untan.

“Kalau mahasiswa sudah dapat informasi mengenai beasiswa ini, jumlah pendaftar beasiswa dari Kalbar bertambah, terutama dari Untan, sehingga tidak hanya perguruan tinggi dari jawa saja yang mendaftar. Dampaknya bisa meningkatkan sumberdaya manusia di Untan,” harapnya.

(Agustiandi/Mohammad)

Related Posts