Karut Marut Pengelolaan Aset Ganjal Pemkab Sambas Raih WTP

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Sekda Sambas Jamiat Akadol menyatakan pihaknya secara serius telah mengusulkan kepada DPRD kabupaten Sambas untuk penyerahan terhadap 60 persil tanah kepada Pemerintah hasil dari pemekaran dari Kabupaten Sambas.

“Tahun ini juga telah kita lakukan pengusulan kepada DPRD namun memang memang belum dibahas. Ini kita lakukan supaya cepat melakukan penataan aset daerah. Oleh karena itu, berdasarkan amanah dari UU bahwa aset dari harus diserahkan kepada kabupaten yang telah dimekarkan,” ujarnya Minggu (17/4).

Dirinya mengatakan penataan aset yang belum rapih, tentunya berpengaruh terhadap penilaian mengenai laporan hasil pemeriksaan keuangan Pemkab sambas dan memperoleh Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK. Padahal, pada tahun 2006 lalu Pemkab sambas pernah meraihnya WTP.

“Kita pada tahun 2006 lalu pernah meraih WTP dari BPK. Sebelum musibah kebakaran menimpa kantor Bupati Sambas,” katanya.

Ia menyatakan terkait penyerahan beberapa aset kepada Pemkot Singkawang, pihaknya beberapa waktu lalu sudah menyerahkan kepada pemerintah Bengkayang. Selanjutnya nanti pemerintah Bengkayang yang akan menyerahkannya kepada Pemkot Singkawang.

“Kita juga sering melakukan pertemuan dengan Pemkab Bengkayang dan Pemkab Singkawang membahas persoalan aset. Bahkan dalam setahun frekuensi pertamuan bisa lebih dari dua kali bertemu terkait pembicaraa aset,” ujarnya.

Kalau Pemerintah kabupaten Sambas tidak dapat menyelesaikan masalah aset ini, Sambas kata Jamiat akan terganjal untuk meraih WTP dari BPK.

(Gindra/Dede)

Related Posts