Warga Hibahkan Tanah ke Polisi Untuk Dibangun Pos Polisi

Kepala Desa menyerahkan sertifikat tanah kepada Kapolres Sekadau

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Warga Dusun Pekawai, Desa Nanga Suri, Kecamatan Nanga Mahap, Kabupaten Sekadau menghibahkan sebidang tanah kepada Polres Sekadau dalam mendukung kinerja aparat kepolisian dalam mengayomi dan melindungi masyarakat. Penyerahan tanah seluas 15×20 meter persegi itu dilakukan di Polres Sekadau, Rabu (20/4).

Mewakili warga Desa Nanga Suri, Kepala Desa Nanga Suri Rudi Hartono didampingi Kepala Dusun Pekawai G. Akit dan Kapolsek Nanga Mahap Ipda Wibawa Kusuma, menyerahkan tanah tersebut dalam bentuk sertifikat kepada Kapolres Sekadau AKBP Muslikhun.

“Ini kita hibahkan kepada pihak kepolisian sebagai bentuk masyarakat, mendukung kinerja aparat kepolisian dalam melindungi masyarakat,” ujar Kades Nanga Suri, Rudi Hartono.

Ia mengatakan, sebelumnya pada lokasi tanah yang dihibahakan tersebut merupakan Kapel. Namun, sejak telah dibangun gereja baru, maka Kapel tersebut jarang digunakan lagi. Untuk itu, setelah memusyawarahkan dengan warga, disepakati tanah tersebut dihibahkan ke Polsek Nanga Mahap melalui Polres Sekadau.

“Itu sebenarnya tanah kas dusun, dan itu awalnya bagunan gereja kecil atau Kapel. Jadi setelah dibangun gereja baru, sejak tahun 2006 Kapel itu sudah tidak digunakan. Masyarakat bermusyawarah untuk dihibahkan saja ke Polsek, agar difungsikan dengan baik,” jelasnya.

Kapolsek Nanga Mahap, Ipda Wibawa Kusuma mengatakan, dirinya bersama anggota lainnya selalu terlibat dalam kegiatan masyarakat. Oleh sebab itu, dengan dihibahkannya tanah dari warga ke Polsek, maka kedepannya ia berharap agar polisi lebih dapat bertugs dengan nyaman.

“Kita sangat berharap wilayah tugas kita aman dan nyaman bagi masyarakat. Dalam musyawarah kemarin juga telah disepakati untuk dibangun pos polisi. Dan kami sangat menyambut baik,” ujarnya.

Selain itu, ia menegaskan pembangunan dan realisasi pos polisi tersebut akan dilakukan juga pada tahun ini, dan juga dalam proses pembangunannya nanti dibantu dengan swadaya masyarakat sekitar.

Kapolres Sekadau, AKBP Muslikhun mengatakan, dengan adanya hibah tanah dari warga Nanga Suri ini, maka Polres Sekadau kini sudah menerima dua tanah hibah dari para warga.

“Dalam bulan ini sudah ada dua, sebelumnya dari warga Kecamatan Belitang juga menghibahkan tanahnya ke Polsek Belitang untuk dibangun pos polis,” ujarnya.

Kapolres juga mengatakan, tanah yang dihibahkan oleh masyarakat ke kepolisian akan diterima dengan baik.

“Walaupun saat ini masih berupa SKT, nanti akan diurus untuk dijadikan sertifikat,” tuturnya.

Menurutnya, ini merupakan sebuah bentuk komunikasi yang baik antara masyarakat dengan polisi. Sehingga kedapannya Polres Sekadau akan meberikan pelayanan dan pengamanan yang lebih cepat.

“Apabila ada permaslahan di masyarakat segera saja hubungi polisi. Dan jangan sungkan-sungkan untuk menghubungi polisi,” tukas Muslikhun.  (Yahya/Yuniar)

Related Posts