Pasar Kedah Kecamatan Putussibau Selatan Difungsikan Sebelum Lebaran

Pasar Kedah

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.comKepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kabupaten Kapuas Hulu Petrus Kusnadi menuturkan pasar Kedamin Indah (Kedah) di Kecamatan Putussibau Selatan sudah bisa difungsikan sebelum Idul Fitri.

“Sebelum lebaran sudah difungsikan. Pihak kelurahan telah diminta untuk mendata warga di wilayah Kedamin yang berminat untuk menempati berjualan di pasar Kedah tersebut,” ucapnya, Kamis (21/4).

Menurut Petrus, prasarana di Pasar Kedah sudah selesai dibangun. Listrik sudah dipasang, penyediaan air untuk para pedagang juga ada.

“Hanya saja yang tengah menjadi fokus kami saat ini adalah lokasi pembuangan limbah cair pasar. Kalau pembuangan ke arah kota tentu akan menimbukan masalah,” ucap Petrus.

Kalau pedagang di pasar Pagi Putussibau, kata Petrus pihaknya tidak mewajibkan mereka pindah ke Pasar Kedah. Tergantung kepada para pedagang.

“Di pasar Pagi Putussibau ini sewa tempat tetap berjalan, namun kalau mereka tidak mau menyewa, pemerintah sudah menyiapkan fasilitas gratis di Kedah,” tuturnya.

Petrus mengakui permasalahan ketertiban di Pasar Pagi Putussibau cukup kompleks. Perlu penanganan khusus terhadap para pedagang disana.

“Sudah beberapa kali dilakukan pemindahan ke Koperasi pasar yang ada di dalam, namun tidak ada kesadaran, masih saja berjualan di jalan. Masyarakat masih mau bayar yang Rp1 juta, tapi mereka tak mau menempati pasar yang disediakan Pemda,” tuturnya.

Petrus menjelaskan, Kapuas Hulu memang harus ada pasar yang benar-benar reprensitatif. Untuk membuka lokasi pasar yang demikian, tentu harus melibatkan banyak instansi didukung juga pemerintah pusat, serta ketersediaan lahannya yang memadai.

“Lokasinya memang harus luas, paling tidak ada satu hektare. Kita tidak bisa tergantung dengan pasar swasta. Pemerintah harus hadir ditengah masyarakat. Maka untuk mempermudah realisasi perlu dukungan dana pusat dan asal ada lahan,” tutupnya.

(Yohanes/Dede)

Related Posts