Pelabuhan Sintete akan Kembali Miliki Dermaga

Pelabuhan Sintete Sambas Kalimantan Barat

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Manajer pelabuhan Indonesia kawasan Pelabuhan Sintete, kecamatan Semparuk, kabupaten Sambas, Helmi mengatakan, tahun 2017 mendatang pada triwulan pertama. Pelabuhan Sintete akan kembali memiliki dermaga sepanjang 70 meter. Setelah dermaga tersebut ambruk pada tahun 2013 yang lalu.

“Sekarang pekerjaan pembangunan dermaga tersebut sudah mulai dilakukan, dengan membersihkan puing-puing dermaga yang ambruk beberapa tahun lalu,” ujar Helmi saat ditemui, Kamis (21/4).

Dijelaskan dia lokasi pembangunan dermaga yang baru masih tetap berlokasi di tempat yang lama.

“Semacam penggantian dermaga yang ambruk tiga tahun yang lalu, ditempatkan pada tempat dan lokasi yang sama. Mempunyai lebar 8 meter dan panjang 70 meter,” jelas Helmi.

Helmi mengatakan jika mengacu pada jadwal kontrak pembangunan maka dapat selesai dalam waktu 210 hari. Akan tetapi karena ada waktu pemeliharaan selama enam bulan maka diperkirakan pada triwulan pertama 2017 baru dapat difungsikan.

Selain itu untuk mengantisipasi agar dermaga tidak ambruk kata Helmi, maka akan dilakukan peningkatan kekuatan dermaga.

“Jika dermaga yang ambruk beberapa tahun hanya hanya 3000 DWT, maka pembangunan dermaga kali ini ditingkatkan menjadi 5000 DWT. Peningkatan dilakukan untuk mengantisipasi jumlah bongkar muat yang semakin tinggi, begitu juga dengan daya angkut kapal juga menjadi salah satu hal yang diperhitungkan dalam peningkatan kekuatan dermaga Sintete, karena tidak menutup kemungkinan kapal dengan kapasitas yang lebih besar dapat singgah dan berlabuh di pelabuhan Sintete,” tutup Helmi.

(Gindra/Dede)

Related Posts