Sambas belum Miliki Bumdes

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Anggota komisi A DPRD Kabupaten Sambas, Tjong Tji Hok, S.Pd, M.Pd mengatakan, keberadaan badan usaha milik desa (BUMDes) perlu untuk menggerakan roda perekonomian di desa. BUMDes dapat memberikan keuntungan kepada masyarakat desa, terutama di lokasi BUMDes berada. Sayanganya, anggota fraksi Gerindra ini masih belum melihat BUMDes di Kabupaten Sambas.

“Kabupaten Sambas terdapat 194 desa, namun keberadaan BUMDes masih belum terlihat. Padahal jika BUMDes dibentuk, dapat  memberikan manfaat yang luar biasa kepada masyarakat desa. Dan yang paling utama adalah lapangan pekerjaan dapat tercipta dengan adanya BUMDes,” kata Bruno sapaan akrab Tjong Tji Hok, Sabtu (23/4).

Agar desa-desa di Kabupaten Sambas termotivasi membentuk BUMDes, harus didorong oleh Pemerintah Kabupaten Sambas.

“Pemerintah Kabupaten Sambas melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) harus memberikan penyuluhan kepada desa,” ujarnya.

Bruno juga mengatakan, melalui BUMDes juga dapat digunakan untuk pembangunan seperti peningkatan sarana dan prasarana di desa.

“Selain dapat menyerap tenaga kerja, keuntungan dari BUMDes dapat digunakan untuk peningkatan sarana infrastruktur,” tuturnya.

Agar BUMDes di Sambas dapat terbentuk, harus diarahkan oleh pemerintah. Sementara mengenai anggaran sudah tidak perlu lagi kemana-mana, karena melalui APBDes, pembentukan BUMDes dapat menggunakan anggaran tersebut. (Gindra/Yuniar)

Related Posts