Sanggau Miliki Tunggakkan Realisasi APBD TA 2015

Sanggau, thetanjungpuratimes.com – Penyerapan APBD Kabupaten Sanggau Tahun Anggaran (TA) 2015 tidak terealisasi seratus persen. Pasalnya, ada beberapa satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang minim dalam penyerapan anggarannya. Sehingga banyak program yang harus diluncurkan pada TA APBD 2016 ini.

Kondisi itu membuat mantan anggota DPRD Kabupaten Sanggau periode 1999-2004, Ignatius Dibas angkat bicara.

Menurut Dibas, apa yang terjadi di TA APBD 2015 dijadikan pelajaran bagi SKPD yang lamban dalam penyerapan anggaran.

“Mestinya, untuk tahun 2016 hal itu dijadikan pengalaman. Dan segera dilaksanakan apa yang termuat dalam program APBD TA 2015 lalu,” ujarnya, Sabtu (23/4).

Sebab, kata pria asal Jangkang ini, untuk program TA APBD 2016 sudah menunggu untuk dilaksanakan.

“Sekarang saja, kegiatan pisiknya belum dimulai, jadi mau kapan lagi program tahun 2015 itu dilaksanakan. Sementara, program TA APBD 2016 sudah menunggu untuk direalisasikan juga,” tuturnya.

Adapun SKPD yang dimaksud lamban dalam penyerapan APBD TA 2015 yakni Dinas Pekerjaan Umum (DPU). Dimana untuk kegiatan pisik hanya beberapa persen saja yang berhasil direalisasikan.

“Ini sudah menjadi rahasia umum,” katanya.

Dibas berharap seluruh SKPD bisa segera mengoptimalkan waktu yang ada untuk memaksimalkan seluruh program kegiatan yang sudah disepakati dalam APBD TA 2016 yang sudah menunggu.

“Kita sebagai masyarakat mengingatkan kepada seluruh SKPD jajaran Pemkab Sanggau. Khususnya Dinas PU untuk segera merealisasikan program kerja mereka tahun 2015 yang tertunda, yang sudah disepakati dalam APBD,” harap Dibas.

Terutama program kerja yang berkaitan dengan pembangunan fisik serta yang menyentuh langsung masyarakat di Kabupaten Sanggau. Selain itu, untuk TA APBD 2016, jangan sampai tidak terlaksana lagi dan harus direalisasikan pada TA 2017 mendatang. (Muhammad/Yuniar)

Related Posts