Kodam Cenderawasih Dukung Pemberantasan Narkoba

Kodam Cenderawasih Dukung Pemberantasan Narkoba

Timika, thetanjungpuratimes.com – Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih mendukung penuh upaya pemerintah memberantas peredaran narkotika dan obat-obatan terlarang di Papua dan Papua Barat.

Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Hinsa Siburian di Timika, Minggu, mengatakan jajarannya akan membantu aparat penegak hukum untuk memberantas peredaran narkoba di wilayah Papua dan Papua yang mulai marak dan mengancam kehidupan masyarakat di wilayah itu, terutama generasi muda.

“Sejak saya bertugas di Kodam XVII/Cenderawasih tujuh bulan lalu komitmen saya sangat jelas untuk membantu pemerintah memberantas narkoba,” kata Hinsa Siburian.

Ia mengaku telah menginstruksikan seluruh prajurit TNI yang bertugas di wilayah Kodam XVII/Cenderawasih agar jangan pernah terlibat dalam masalah narkoba dan mengonsumsi minuman beralkohol.

“Perintah harian saya kepada jajaran pimpin TNI sangat jelas. Jadi, jangan coba-coba ada anggota yang mengonsumsi miras dan narkoba karena itu akan mengancurkan dirimu dan keluargamu,” ujarnya.

Menurut Pangdam Cenderawasih, prajurit TNI harus menjadi garda terdepan membantu pemerintah memberantas peredaran barang haram itu.

Mayjen Hinsa Siburian menegaskan tidak akan memberikan toleransi sedikitpun terhadap anak buahnya yang terlibat bisnis narkoba, apakah sebagai pemakai atau pengedar, apalagi menjadi bandar narkoba.

Apabila ada oknum prajurit TNI terlibat sebagai bandar maupun pengguna maka akan diproses sesuai hukum.

“Sekarang saja ada beberapa anggota kami yang tertangkap karena terlibat nerkoba dan mereka sedang menjalani proses hukum sesuai perundang-undangan yang berlaku,” jelasnya.

Barang bukti narkoba yang masuk ke Papua sebagian besar dipasok dari negara tetangga Papua Nugini terutama narkoba jenis ganja.

Belum lama ini aparat memusnahkan belasan hektare tanaman ganja di wilayah perbatasan Indonesia-PNG.

Narkoba jenis sabu dan lainnya biasanya didatangkan dari Makassar atau Jawa menggunakan jasa pengiriman barang melalui kapal laut maupun pesawat terbang. (Antara/Yuniar)

Related Posts