Parkir Motor Diatas Seribu Akan Dipidana

Parkir Motor Diatas Seribu Akan Dipidana

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Pemerintah Kota Pontianak, Utin Sri Lena Candramidi, mengatakan, masih banyak juru parkir di wilayah Kota Pontianak yang mengenakan tarif tidak sesuai dengan Peraturan Daerah nomor 4 tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum. Hal ini dikarenakan masih banyaknya oknum juru parkir yang belum terdaftar di Dinas Perhubungan seenaknya menaikkan tarif. Jika terbukti akan dikenai sanksi tindak pidana pemerasan.

“Apabila ada juru parkir yang mengenakan tarif tidak sesuai retribusi, maka hal tersebut sudah menyalahi aturan Perda. Dan apabila terbukti, maka juru parkir tersebut akan dikenai tindak pidana pemerasan dan akan diproses sesuai hukum yang berlaku,” tegas Utin Sri Lena.

Untuk meminimalisir hal tersebut, Utin Sri Lena, mengatakan, Dishubkominfo bekerjasama dengan Shabara Polda Kalbar telah melakukan penjaringan di seluruh wilayah Kota Pontianak terhadap oknum juru parkir yang mengenakan tarif tidak sesuai retribusi. Hasilnya ada sekitar 30 sampai 40 juru parkir yang terjaring dan kesemuanya dikenakan tindak pidana ringan (Tipiring). Penjaringan ini pun akan dilakukan terus  secara berkelanjutan.

“Kami mengajak masyarakat untuk berani melaporkan hal terkait tarif parkir yang tidak sesuai retribusi. Peran masyarakat sangat penting disini, Dishubkominfo selalu siap menerima laporan dari masyarakat terkait penarikan retribusi yang tidak sesuai Perda dan akan menindaklanjutinya,” ungkap mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Pontianak ini.

Berdasarkan Peraturan Daerah nomor 4 tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum, bahwa ketentuan tarif parkir motor (roda dua) sebesar Rp.1.000, mobil (roda empat) Rp.2.000 dan mobil (roda enam) Rp.4.000. (Ranggi Jansventin/Mohammad)

Berita terkait :
Parkir Diluar Ketentuan, Inilah Nomor Kontak Pengaduannya
Tarif Resmi Parkir Sepeda Motor Seribu Rupiah
Tarif Parkir Salahi Aturan Sama Dengan Pemerasan

Related Posts