Warga Keluhkan Jalan Tayan-Meliau Rusak

Sanggau, thetanjungpuratimes.com – Beberapa titik kawasan akses utama transportasi menghubungkan wilayah Kecamatan Tayan Hilir- Kecamatan Meliau, didera kerusakan cukup parah, sejak beberapa waktu belakangan ini.

Kendaraan yang ingin melintas di jalan tersebut harus berhati-hati. Tak jarang mobil dan truck amblas di ruas jalan yang hanya berupa hamparan tanah kuning tersebut. Termasuk pula pengendara sepeda motor banyak yang terjatuh.

“Yang rusak begini ada di beberapa tempat. Sudah banyak truk dan mobil yang amblas,” ujar Yuliansyah, warga Dusun Padu, Tayan Hilir, Minggu (24/4).

Ditambahkan, kerusakan ruas jalan itu diperparah dengan kawasan tersebut terendam banjir belum lama ini. Sehingga ketika air yang tidak banjir lagi, membuat tanah menjadi gempur. Terlebih lagi, ruas jalan itu di lewati juga kendaraan bertonase besar.

“Dulu juga rusak, tapi lebih parahnya sehabis kena banjir. Di lewati truk pengangkut buat kelapa sawit lagi, semakin parah kondisinya,” cetus Yuliansyah.

Kerusakan pada ruas jalan ini mulai terlihat di kawasan Penarik, sebagian Dusun Padu, Dusun Beginjan dan Dusun Perupuk. Kerusakan ruas jalan ini, bukan hanya berlumpur saja, akan tetapi berupa lubang yang cukup dalam.

“Kalau jalan Meliau-Tayan ini, tak semuanya yang rusak. Kan ada juga yang sudah di aspal di kawasan Sungai Ronggas itu. Tapi kalau untuk di kawasan Padu dan Beginjan ini cukup parah,” jelasnya.

Kerusakan ruas jalan ini, juga berdampak terhadap aktivitas anak-anak yang akan pergi ke sekolah.

“Anak-anak yang sekolah ke Tayan itu kasihan, kalau sempat jatuh dari motor, jelas tidak sekolah, karena pakaian kotor,” imbuhnya.

Sementara, Wawan Suwandhi (49) salah seorang pengguna jalan yang sering melintas di ruas jalan, mengeluhkan mobilnya pernah mengalami kerusakan karena amblas di salah satu lubang jalan tersebut.

“Minta ampunlah, kalau lewat jalan itu, rencana nya kita lewat Meliau mau cepat sampai. Tahu-tahu kena jalan kayak begini,” ujar pria berdomisili di Sanggau ini.

Menurut Wawan, untuk mencapai Tayan atau Pontianak memang lebih dekat melalui jalur Meliau. Hanya saja, jika dengan kondisi demikian, jelas akan semakin lambat untuk tiba ke tujuan. “Hitungan nya memang dekat lewat Meliau ini, terus ke Tayan dan ke Pontianak. Tapi kalau begini mana bisa cepat lagi,” pungkasnya.

Terlepas dari itu Rudi, warga Dusun Perupuk meminta Pemkab Sanggau sesegera mungkin menuntaskan peningkatan ruas jalan Tayan-Meliau tersebut. Sehingga akses transportasi di wilayah tersebut tidak lagi terkendala karena jalan yang rusak.

“Kita berharap pemerintah segera lah menuntaskan pembangunan ruas jalan ini. Kan sudah ada yang separoh di aspal, harusnya itu disambung lagi hingga ke Tayan lah,” pintanya. (Muhammad/Yuniar)

Related Posts