Polres Sekadau Amankan Warga Bawa Barang Ilegal Asal Malaysia

Polres Sekadau Amankan Warga Bawa Barang Ilegal Asal Malaysia

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Sutarto warga Dusun Bekoang Sari, Desa Kasromego, Kecamatan Beduai Kabupaten Sanggau diamankan polisi lantaran membawa barang ilegal asal Malaysia saat melintas di Jalan Sekadau-Sanggau tepat di Sungai Kunyit pada Senin (25/4).

AKP K Purba, Kasat Reskrim Polres Sekadau menjelaskan Sutarto ditangkap karena membawa dua karung gula yang diduga berasal dari India dengan berat masing-masing 50 kilogram. Selain itu, kata dia, Sutarto juga membawa 13 kotak sosis dari Malaysia tanpa disertai dokumen resmi.

“Untuk membawa barang-barang tersebut ke Sekadau, pelaku menggunakan satu unit sepeda motor honda revo KB 6298 DF yang sudah dimodifikasi agar bisa mengangkut barang yang dibawanya,” ujar Purba saat ditemui, Selasa (26/4).

Menurut pengkuannya, kata Purba, Sutarto telah tiga kali menjual barang-barang asal Malaysia ke Sekadau dalam dua bulan terakhir. Dikatakan dia, barang-barang tersebut dijual eceran di beberapa toko sembako.

“Barang-barang yang dijualnya itu juga dibeli dari pedagang di Balai Karangan, Kabupaten Sanggau,” kata dia.

Dikatakan Purba, Sutarto akan dikenakan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen pasal 62 ayat 1 jo pasal 8 ayat 1 huruf a dan i.

“Ancaman hukumannya 5 tahun penjara dan denda Rp2 miliar,” tandasnya.

(Yahya/Dede )

Related Posts