Tangani Bencana, Ini Imbauan Gubernur Kalbar kepada Masyarakat

Gubernur Kalimantan Barat

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Gubernur Kalbar, Cornelis mengimbau kepada masyarakat atau siapa saja untuk segera memberikan informasi yang cepat kepada tim Badan SAR Nasional (Basarnas) agar segera dapat terjun ke daerah bencana guna menyelamatkan jiwa manusia saat tertimpa bencana.

“Tapi bukan kecelakaan lalu lintas akibat tabrakan melainkan kecelakaan akibat alam,” ungkap Cornelis saat menghadiri Pelatihan Potensi SAR Under Water Rescue dan media gathering yang dilaksanakan kantor SAR kelas B Pontianak, Selasa (26/4).

Menurut Cornelis, dalam situasi datangnya bencana yang menimpa masyarakat, yang paling terpenting adalah informasi dari masyarakat ke tim Basarnas. Sebab, ketika informasi ini lambat dan tidak ada yang melapor, maka penanganan cepat yang biasa dilakukan tim Basarnas tidak dapat diberikan. Sehingga kemungkinan jatuhnya korban juga semakin sulit dihindarkan.

“Seperti kejadian pada kasus di Kubu Raya. Dimana speed boat mengalami kecelakaan karena kebanyakan muatannya hingga tengelam. Basarnas mendapatkan informasi dengan cepat dan mereka langsung terjun ke tempat kejadian untuk melakukan penyelamatan nyawa manusia,” ujarnya.

Cornelis merespon baik, dengan adanya pelatihan untuk setiap anggota SAR. Menurutnya dengan adanya pelatihan seperti ini maka akan didapatkan personil SAR yang baik, cakap dan profesional dalam menjalankan tugas-tugasnya.

Namun, Cornelis kembali mengingatkan sebagaimana bagusnya kerja tim SAR dengan yang didukung peralatan canggih, tapi tidak didukung oleh masyarakat. Maka pertolongan yang diharapkan dari tim SAR akan terlambat dan kecil kemungkinan dapat menyelamatkan jiwa dari para korban bencana tersebut.

“Jadi untuk menghadapi datangnya bencana, kita perlu kerjasama yang baik dari semua pihak, baik itu tim SAR, BPBD, masyarakat, pemerintah setempat, TNI dan Polri,” pungkasnya.  (Slamet Ardiansyah/Yuniar)

Related Posts