Evaluasi Kesiapan Pengrajin Daerah Melalui Hari Kesatuan Gerak PKK

PKK Kabupaten Kayong Utara Kalbar

Kayong Utara, thetanjungpuratimes.com – Memeriahkan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK Ke-44 Tahun 2016, Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Kayong Utara menggelar lomba stand pameran  produk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

Kegiatan yang diselenggarakan di halaman Gedung Nirmala, Sukadana, Rabu (27/4), sekaligus membentuk evaluasi terhadap kesiapan pengrajin daerah, dalam menyongsong Sail Selat Karimata 2016 Oktober mendatang.

Sekretaris Daerah Kayong Utara, Dra. Hilaria Yusnani yang berkesempatan hadir ditengah-tengah para organisasi wanita se Kayong Utara ini, memberikan motivasi kepada ibu-ibu yang hadir untuk tetap melaksanakan perannya dalam pembangunan di masyarakat dan didalam keluarga.

“Wanita dalam perannya dimasyarakat dan keluarga, merupakan motor penggerak kesuksesan dalam segala hal. Seorang pemimpin yang didominasi oleh laki-laki, tidak akan berjalan baik jika tidak ada sentuhan wanita didalamnya. Dan beruntunglah kita di Indonesia karena tersedianya wadah bagi para wanita untuk menuangkan ekspresi, dan pengembangan diri di dalam organisasi wanita seperti PKK,” ucapnya.

Selanjutnya, Hilaria menghimbau bagi seluruh organisasi wanita yang ada di Kabupaten Kayong Utara untuk dapat berperan aktif dalam menyukseskan Sail Selat Karimata 2016, dimana para organisasi wanita nantinya akan bertugas mengelola konsumsi,  penerima tamu undangan, dan pengelolaan para pengerajin daerah.

Hal yang paling dibutuhkan para pengunjung nantinya yaitu kebutuhan akan makanan. Sebab, mereka pasti akan mencoba mencicipi makanan khas daerah Kayong Utara. Dan sepulangnya mereka dari sini, pasti membutuhkan souvenir sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

“Disini merupakan kesempatan ibu-ibu untuk menjual makanan dan hasil kerajian, yang tentunya berkualitas. Dan ajang seperti ini lah seharusnya ibu- ibu berpacu untuk mengembangkan diri, mengikuti segala pelatihan yang di selenggarakan pemerintah untuk menghasilkan barang yang bermutu,” pungkasnya.

Pada kesempatan yang sama Ketua TP PKK Kabupaten Kayong Utara, Hj. Diah Permata Hildi menjelaskan ragam kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HKG PKK Ke-44 Tahun 2016 di Kabupaten Kayong Utara ini diisi dengan lomba-lomba terkait pengembangan diri dalam kesejahteraan Keluarga, dan berakhir pada Jumat (29/04) mendatang, sekaligus pencanangan bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat.

“HKG merupakan kegiatan rutin tahunan yang di laksanakan oleh TP-PKK kabupaten untuk menjalin tali silaturahmi dan memperdayakan TP-PKK yang berada di 6 kecamatan Kayong Utara. Yang membedakannya adalah, di tahun ini kita akan menyelenggarakan acara Sail Selat Karimata dan diharapkan hasil kerajian ibu-ibu nantinya dapat bersaing dipasaran. Dan ajang perlombaan ini bukan semata-mata untuk mencari menang dan kalah, tetapi hal yang lebih penting adalah sebagai ajang introfeksi dan evaluasi menuju yang lebih baik lagi,” tutupnya. (Rizal/Yuniar)

 

Related Posts