Disdikbud Landak Yakin Kunci Jawaban UN SMP Tidak Bocor

Landak, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Landak, Aspansius meyakini tidak akan ada kebocoran kunci jawaban Ujian Nasional (UN), terutama pada pelaksanaan UN SMP sederajat di Landak.

Namun dirinya tidak menjamin jika ada oknum tertentu yang berusaha melakukan “sabotase” dalam pelaksanaan UN.

“Bisa saja oknum tersebut membikin kekacauan dengan mengedarkan kunci jawaban UN yang palsu,” ujar Aspansius saat ditemui, Kamis (28/4).

Menurut Aspansius, kunci jawaban UN saat ini sudah memakai sistem komputerisasi. Kunci jawaban UN itupun baru bisa dibuka satu hari setelah pelaksanaan UN.

“Itupun dibuka setelah mata pelajaran yang diujikan dalam UN sudah selesai, barulah kunci jawaban itu dibuka. Jadi, tidak ada kunci jawaban UN yang beredar diluar,” tegasnya.

Ia juga mengatakan pihak Disdikbud Landak sejak dari dulu sudah menegaskan kepada Kepala Sekolah untuk menyampaikan kepada murid dan masyarakat bahwa kunci jawaban UN tidak ada.

“Jangan terkecoh dan percaya dengan kunci jawaban UN. Itu mencelakakan kita dan membodohkan kita. Kita harus percaya diri, terutama kepada para peserta UN,” pinta Aspansius.

(NY/Dede)

Related Posts