Tahun Depan Disdikpora Kapuas Hulu Terapkan Kurikulum 2013

Tahun Depan Disdikpora Kapuas Hulu Terapkan Kurikulum 2013

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Kapuas Hulu akan kembali mengimplementasikan kurikulum 2013 pada tahun 2017 mendatang.

Pemberlakukan kurikulum 2013 sebelumnya sudah sempat diterapkan oleh Kapuas Hulu, namun karena tarik ulur kebijakan pendidikan di tingkat Pemerintah Pusat, membuat kurikulum tersebut batal dan kembali pada kurikulum pendidikan yang lama.

Kasi Kurikulum SMP/SMA Disdikpora Kapuas Hulu, Itoni mengatakan, penerapan kurikulum 2013 dibatalkan mungkin karena pendidikan secara nasional belum siap. Akan tetapi kata Itoni, untuk Kapuas Hulu, kurikulum 2013 itu akan segera direalisasikan ke sekolah-sekolah secara bertahap.

“Tahun depan akan ada beberapa sekolah yang ditunjuk untuk kurikulum 2013, nanti kita lihat perkembangnnya, baru ke sekolah-sekolah yang lain,” katanya, Jumat (29/4).

Saat ini, kata Itoni, sekolah-sekolah di Kapuas Hulu masih menggunakan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Dijelaskannya, penerapan KTSP mengharuskan semua siswa tuntas.

“Kalau dilihat dalam penerapannya KTSP ini seperti ada sistem SKS seperti perguruan tinggi. Jika tidak tuntas di semester satu, siswa bisa mengulang di semester depan, sampai tuntas,” jabarnya.

Menurut Itoni, pada KTSP setiap sekolah harus memaksimalkan proses pembelajaran dan pola perbaikan setiap semesternya. Kemudian intensitas pendidikan dari sekolah-sekolah juga mesti bertambah.

“Sehingga siswa bisa mencapai kkm (kriteria ketuntasan minimal), tidak selalu gagal,” jelasnya.

Ia juga meyakini sistem KTSP ini tidak memperlambat proses pendidikan dengan upaya perbaikan-perbaikan oleh siswa terhadap mata pelajaran yang tidak lulus. Kata Itoni perbaikan-perbaikan itu justru menjadi timbal balik terhadap siswa, mereka akan lebih faham.

(Yohanes/Dede)

Related Posts