Kampung Digital UKM Aloevera

Pontianak, thetanjungpurattimes.com – Dinas Perindagkop dan UKM Kota Pontianak serta Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Kalbar dan PT Telkom Kalbar serta para UKM Aloevera melangsungkan acara peresmian Kampung UKM Digital Aloevera di Koperasi Kontak Khatulistiwa Utama Pontianak Utara.

Kampung UKM Digital Aloevera merupakan salah satu lokasi yang dibangun Telkom Indonesia dalam rangka mendigitalisasi 300 Sentra UKM di Indonesia agar memiliki akses Teknologi Informasi.

Menurut General Manejer PT Telkom Kalbar, Bayun R. Rohadi, saat ini telah memasuki Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), untuk itu UKM di Provinsi Kalbar harus dibekali kemampuan dalam bidang Teknologi Informasi agar tidak menjadi penonton di negeri sendiri.

“Untuk itu Telkom indonesia sebagai salah satu BUMN yang sangat peduli terhadap perkembangan UKM, membangun Kampung UKM Digital Aloevera dan fasilitas Broadband Learning Center,” ungkap Rohadi, Sabtu (30/4).

Lanjut Rohadi, dengan adanya Broadband Learning Center yang dilengkapi fasilitas Internet kecepatan tinggi dan sarana Komputer, diharapkan UKM di Kota Pontianak khususnya di Pontianak Utara yang banyak terkait usaha Aloevera, dapat mengakses informasi secara online dan melakukan promosi berbasis internet, sehingga produk Aloevera dapat semakin dikenal ke seluruh Indonesia bahkan dunia.

Ditempat yang sama, PLUT Dinas Koperasi dan UKM Provinsi kalbar, Anton S, memberikan apresiasi kepada Telkom atas kiprahnya dalam mendorong perkembangan UKM di kalbar serta mengusulkan agar lebih banyak sentra yang bisa mengakses Internet cepat.

Sementara itu, perwakilan dari Dinas Perindagkop dan UKM kota Pontianak, Yusni, menyatakan program Kampung UKM Digital selaras dengan program Pemerintah Kota Pontianak dalam rangka mendidik UKM agar lebih mengikuti perkembangan zaman.

Dalam kesempatan tersebut Sunani yang merupakan volunteer Kampung UKM Digital mencoba mengakses SOBAT UKM di www.sobat-ukm.com dimana Telkom menyediakan Dedicated Agent dan Expert yang akan menjawab setiap solusi UKM, yang juga dilengkapi dengan Digital Interactive terkait tips berbisnis, solusi permasalahan bisnis, maupun tutorial seputar UKM. Para pelaku UKM juga dapat mengakses berbakai macam artikel seputar bisnis dan UKM.

Fasilitas Internet di Kampung UKM Digital Aloevera dilengkapi Indihome yang bisa memberikan akses internet hingga 10 Mbps dan tayangan TV Digital Useetv yang bisa merekam tayangan hingga 7 hari dan gratis menelpon ke telpon rumah hingga 1000 menit setiap bulan.

(Slamet Ardiansyah/Dede)

Related Posts