Tiga Desa di Sekadau Hilir Dimekarkan

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Pemekaran desa di Kecamatan Sekadau Hilir telah bergulir. Sebanyak tiga desa sudah dimekarkan, diantaranya desa yang dimekarkan tersebut Desa Timpuk dimekarkan menjadi dua desa dan Landau Kodah menjadi satu desa.

Hermanto, Camat Sekadau Hilir mengatakan, pemekaran tersebut telah bergulir. Sebab, kata dia, pembentukan panita pemekaran sudah ada sejak 5 tahun lalu. Saat ini, lanjutnya, tinggal menunggu keputusan pengesahan pemekaran desa yang telah diajukan tersebut.

Mengenai syarat untuk melakukan pemekaran desa, Hermanto mengatakan, salah satunya yaitu minimal dua dusun dengan jumlah penduduk minimal 1500 jiwa.

Sejauh ini, kata Hermanto, sebanyak tiga desa yang telah memenuhi syarat untuk melakukan pemekaran, yakni Landau Kodah dan Timpuk ada dua desa.

“Pemekaran desa tetap mengacu pada peraturan yang berlaku. Salah satu syaratnya yaitu jumlah penduduk yang dimungkinkan suatu wilayah bisa melakukan pemekaran,” ujarnya, Sabtu (1/5).

Dikatakan Hermanto, saat ini desa pemekaran masih menggunakan nama desa persiapan sebelum nama desa tersebut disahkan. Sehingga, harapan besar dengan adanya pemekaran kehidupan masyarakat semakin sejahtera.

“Tentunya kami sangat mendukung, apalagi untuk kesejahteraan masyarakat,” tandasnya.

(Yahya/Dede)

Related Posts