Jelang Ramadhan, 9 Bahan Pokok Masih Normal

Pedagang sembako Singkawang

Mempawah, thetanjungpuratimes.com – Kasi Pengawasan Perlindungan Konsumen, Disperindagkoptamben Kabupaten Mempawah, Hendri Kurniawasan mengatakan, sebulan menjelang bulan ramadhan tahun ini, sejumlah bahan pokok yang beredar di pasaran masih dalam kategori normal.

“Harga kebutuhan bahan pokok masih relatif normal,” katanya kepada wartawan, Senin (2/5).

Menurutnya, untuk harga daging sapi yang dijual di pasar-pasar masih dalam kategori normal yaitu Rp.120.000 per Kg.  Untuk harga daging ayam mengalami penurunan Rp.28.000 per Kg, karena banyak ayam dari luar yang masuk, maka hukum ekonomi pun berjalan.

Selain itu, Hendri menjelaskan mengenai harga-harga sembilan bahan pokok pun masih dalam harga normal dan stok yang mencukupi hingga menyambut bulan suci ramadhan kali ini.

Untuk harga minyak goreng kisaran 15-16 ribu rupiah per liter. Telur ayam broiler harga normal 23 perkilo, cabe merah 70 ribu perkilo, cabe rawit merah 50 perkilo, kacang kedelai import kisaran 12 ribu perkilo dan bahan-bahan pokok lainnya masih dalam taraf normal.

Diperkirakan, kenaikan akan terjadi menjelang beberapa hari menyambut bulan puasa, karena permintaan akan meningkat dipasar.

“Masyarakat pastinya akan berbelanja menyiapkan untuk menyambut bulan suci ramadhan,” ungkapnya.

Mengenai pengawasan, ia mengaku akan tetap mengawasi peredaran dan kontrol harga yang dilakukan rutin setiap harinya, agar kenaikan dan penurunan dapat di kontrol secara terus menerus.

“Kita menghimbau kepada masyarakat agar tetap teliti membeli bahan-bahan makanan sehingga tidak kecolongan membeli bahan-bahan makanan yang sudah tak layak konsumsi,” pungkasnya. (Hamzah/Yuniar)

Related Posts