Masyarakat Peniraman Pertanyakan KKS

Mempawah, thetanjungpuratimes.com – Kasi Pemerintahan Desa Peniraman, Kecamatan Sui Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Tohir bersama warga mendatangi Dinas sosnakertran Kabupaten Mempawah guna mempertanyakan mengenai warga miskin yang dulunya menerima kartu KPS, namun tidak mendapatkan Kartu Keluarga sejahtera (KKS) yang dibagikan Jumat (29/4).

“Kedatangan kami kesini, mempertanyakan mengenai pendataan penerimaan Kartu KKS. Sementara masih banyak warga yang mempunyai kartu KPS, namun, tak mendapatkan KKS,” ungkapnya kepada wartawan, Senin (2/5).

Ia mengatakan, untuk total Warga Desa Peniraman diperkirakan sekitar 6 ribuan orang, dengan total KK sekitar 1500-an. Namun warga yang menerima kartu KPS sebelumnya sekitar 458 orang. Sedangkan yang menerima KKS sekitar 368 orang.

“Masih banyak warga yang belum menerima, sehingga warga terus mempertanyakan ke pihak desa. makanya saya bersama warga, RT, serta aparatur desa mempertanyakan ke sini,” jelasnya.

Ia mengatakan, para penerima kartu KPS yang seharusnya mendapatkan bantuan dari pemerintah, namun tak memperoleh  kartu KKS yang telah dibagikan.

“Masyarakat mempertanyakan terkait pembagian kartu KKS,” tuturnya.

Begitu juga dengan Kasi Kemasyarakat Desa Peniram, Kholil mengatakan, dirinya bersama warga mendatangi Dinas Sosial Kabupaten Mempawah hanya meminta kejelasan pemberian kartu KKS. Karena, sebagai petugas desa, dirinya banyak mendapatkan pertanyaan dari warga sekitar.

Sementara, Kasi pelayanan dan Rehabilitasi sosial, Dinsosnakertran Kabupaten Mempawah, Heru Agung menjelaskan, mengenai masih ada warga Desa Peniraman dan Sungai Bakau Darat yang mempunyai kartu KPS namun tak mendapatkan kartu KKS itu langsung oleh pusat.

“Jadi, datanya menggunakan PPLS 2011. Dan pendataannya pun bukan dari pihak kita, melainkan langsung didata oleh pihak ketiga dari pusat,” jelasnya.

Ia mengatakan, dari pendataan pihak ketiga tersebut tak ada memberikan laporan kepada pihak Dinas sosnakertran.

“Jadi, tak ada laporan yang masuk ke kita, baik dari pihak ketiga, yang dilakukan oleh pusat,maupun pihak kantor pos yang sudah membagikan kartu tersebut,” tuturnya.

Mengenai masih banyaknya mereka yang dulunya menerima kartu KPS namun tak menerima kartu KKS dikatakannya, sudah menjadi masalah Nasional.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat guna mencari jalan penyelesaiannya, terkait masukan dari masyarakat yang mendatangi Dinas Sosnakertran Mempawah. (Hamzah/Yuniar)

 

Related Posts