UPT Disdik Dapat Kucuran Rp100 Juta

Pendidikan

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Kabupaten Sambas, tahun ini memberikan bantuan dana masing-masing sebesar Rp100 juta kepada seluruh UPT Dinas Pendidikan di setiap kecamatan. Ini merupakan salah satu upaya menggenjot Angka Rata-rata Sekolah (ARS) penduduk usia 25 tahun ke atas.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sambas, Dr H Jamiat Akadol MSI MH mengatakan, pengukuran Indeks Pembangunan Manusia (IPM), salah satunya adalah pendidikan. Di Sambas sendiri, sesuai data terakhir untuk ARS penduduk diatas 25 tahun (rata-rata sudah menikah) yang menjadi objek penelitian. Angkanya cukup besar untuk jumlah tidak bersekolah atau putus sekolah.

“Kita lakukan inventarisir penyebab permasalahannya. Ternyata setelah diketahui, beberapa unit kerja yang seharusnya menangani pendidikan, kurang maksimal dalam melaksanakan tupoksinya (tuga pokok dan fungsinya),” kata H Jamiat Akadol MSI MH, kepada wartawan, Senin (2/5).

Menurutnya, hal tersebut dikarenakan keterbatasan anggaran dan kewenangan yang dimiliki. Adanya keterbatasan anggaran membuat Pemkab memberikan bantuan dana sebesar Rp100 juta ke 19 UPT Dinas Pendidikan se-Kabupaten Sambas.

Harapannya menurut Sekda, UPT nantinya memiliki program dalam rangka mengatasi permasalahan ARS di wilayah kerjanya masing-masing.

“Kalau kekurangan anggaran, sekarang sudah kita berikan dana,” katanya.

Mengenai keterbatasan kewenangan, lanjut Sekda, nantinya UPT bisa dibawah koordinasi camat kemudian melibatkan semua unsur pendidikan, seperti komite sekolah, pengawas serta seluruh masyarakat.

“Camat sudah kita hubungi, dan semuanya siap. SKPD terkait nantinya akan memberikan dukungan penuh dalam rangka program ini,” pungkasnya. (Gindra/Yuniar)

Related Posts