Masyarakat Harus Dilibatkan Dalam Proses Pembangunan

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Anggota DPRD Kabupaten Sambas, Ivandri mengatakan, banyaknya pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah seharusnya melibatkan partisipasi dari masyarakkat. Terutama masyarakat yang berada di lokasi pembangunan.

Partisipasi, katanya, perlu dilakukan oleh masyarakat sendiri, agar dapat mengawal proses pembangunan tersebut. Selain itu, pembangunan yang akan dilakukan seharusnya tidak lepas dari kajian.

“Perlu kajian untuk pembangunan dengan angaran yang lebih besar, agar pembangunan yang telah dilaksanakan tidak mangkrak lagi dimasa yang akan datang,” ujar Ivandri, Rabu (4/5).

Kajian tesebut harus dapat melibatkan partisipasi dari masyarakat. Hal ini untuk menghindari agar pembangunan yang dilakukan tidak sia-sia.

“Jangan sampai pembangunan yang akan dilaksanakan pada masa mendatang, kembali mangkrak karena dilakukan tanpa kajian terlebih dahulu,” tuturnya.

Menurutnya, kajian berupa studi kelayakan perlu dilakukan guna menghindari kejadian serupa yang selama ini terjadi, karena kebanyakan bangunan yang mangkrak di Indonesia tidak melibatkan masyarakat. (Gindra/Yuniar)

Related Posts