Studi: Jus Buah Bisa Redakan Amarah

Thetanjungpuratimes.com – Setiap hari tentu ada saja hal-hal yang membuat kita jengkel. Mulai dari kemacetan, pelaku jalan lain yang tak sabaran, hingga omongan atasan yang terasa pedas.

Jika sudah berada di puncaknya, amarah rasanya tak tertahankan lagi. Anda pun bisa saja melampiaskannya dengan memarahi balik hingga membuat orang-orang di sekitar merasa tak nyaman dengan sikap Anda.

Nah, jika sudah begini satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah menenangkan suasana hati. Hati yang tenang membuat Anda dapat berpikir jernih sehingga hal-hal buruk seputar amarah bisa dicegah.

Salah satu cara untuk membuat hati tenang adalah mengonsumsi jus buah. Mengapa jus buah? Menurut psikolog di Ohio State University, Arlene Stillwell, Ph.D. bagian otak yang mengatur emosi adalah MPFC atau Medial Prefrontal Cortex.

Dengan mengirimkan gelombang glukosa yang didapat dari konsumsi jus buah, maka bagian ini akan menurunkan kadar emosi seseorang sehingga suasana hati menjadi lebih baik.

Kemudian atur posisi duduk Anda serileks mungkin. Banyak orang yang mencoba meluapkan amarahnya dengan sumpah serapah. Padahal hal ini hanya membuat emosi berdiam di tubuh Anda dalam waktu yang lama.

“Lalu cobalah temukan hal yang Anda cintai. Memeluk pasangan atau bermain dengan hewan peliharaan Anda, terbukti bisa mengurangi kemarahan,” ujar Arlene. (Suara.com/Yuniar)

Related Posts