Pertamina Antisipasi Stok BBM Selama Libur Panjang

Pekanbaru, thetanjungpuratimes.com – PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region I Sumatera Bagian Utara mengantisipasi ketersediaan stok Bahan Bakar Minyak terutama pada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum di Provinsi Riau.

“Selama libur panjang tanggal 5 sampai 8 Mei 2016, kami melakukan penambahan untuk stok BBM terutama SPBU di sepanjang jalur lintas dan lokasi wisata,” kata Kepala Area Komunikasi dan Relasi Pertamina Sumbagut, Fitri Erika melalui sambungan telepon genggam dari Pekanbaru, Rabu.

Pihaknya, lanjut dia, juga menyiagakan beberapa mobil jenis tangki dan awak dalam jumlah yang cukup, supaya siap pakai untuk dioperasikan sewaktu-waktu pada saat libur panjang hingga akhir pekan ini.

Seperti diketahui, saat ini terdapat total 147 unit SPBU di Riau dan menyalurkan BBM varian baru dengan kadar atau Research Octane Number (RON) 90, kini sudah bisa diperoleh pada 43 unit SPBU.

Pertamina kini wilayah distribusi di Riau, telah menyalurkan empat jenis BBM melalui 147 unit SPBU di 12 kabupaten/kota yakni premium sekitar 2.700 kiloliter per hari, solar 2.800 kiloliter, pertamax plus 54 kiloliter dan pertalite 53 kiloliter dalam satu hari.

Demi melayani kebutuhan bahan bakar pesawat terbang, pihaknya telah menyiapkan pasokan avtur melalui 11 Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) di lima provinsi.

“Avtur tersedia dalam jumlah yang memadai untuk antisipasi terjadinya peningkatan kebutuhan karena bertambahnya frekuensi penerbangan dibanding hari biasa,” katanya.

Fitri klaim, Pertamina MOR I Sumbagut sangat siap baik dari aspek sarana dan fasilitas atas ketersediaan produk dan surber daya manusia serta telah mengambil langkah-langkah agar BBM bagi masyarakat selama lebur panjang tersedia dalam jumlah cukup.

“Sebagai upaya pelayanan terbaik, diharapkan partisipasi aktif dari Warga. Bila terjadi kendala atau hambatan dalam distribusi, maka dapat diinformasikan pada kami baik melalui telepon atau email,” terang dia.

Vice President Corporate Communication Pertamina, Wianda Pusponegoro sebelumnya mengatakan, jelang libur panjang minggu ini, pihaknya sudah menyiagakan pasokan BBM di SPBU dan terminal BBM.

“Yang paling standar adalah melakukan ‘build up stock’ di SPBU secara nasional termasuk di lokasi-lokasi yang padat,” terangnya.

Wianda merinci, lokasi-loksi padat tersebut biasanya terjadi dimana warga melakukan wisata, termasuk bagaimana pihaknya bisa menyalurkan kebutuhan BBM dilakukan pada malam hari.

“Kami siaga untuk pasokan ‘long weekend’ dan lakukan penyaluran BBM di malam hari di masing-masing SPBU. Jadi kami imbau kepada pengusaha SPBU, untuk melakukan penebusan stok lebih awal. Nah nanti, kami lihat apakah bisa tingkatkan stok sekitar 10 sampai 12 persen,” ucapnya. (Antara/Yuniar)

Related Posts