Samsat Kalbar Benahi Diri Untuk Tingkatkan Pelayanan

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kantor Bersama Sistim Administrasi Manunggal di bawah Satu Atap (Samsat) Dinas Pendapatan Daerah Kalimantan Barat terus berbenah diri dalam peningkatan pelayanan, meskipun sudah terjadi perubahan peningkatan indeks kepuasan masyarakat dalam pelayanan.

“Kami tetap terus berbenah karena masih banyak permasalahan dan perlu perbaikan terkait kemudahan, ketepatan, dan kecepatan,” kata Sekretaris Dispenda Kalbar, Sarwoko Mardiwaluyo, di Pontianak, Rabu.

Dia mengatakan, pelayanan di Kantor Samsat merupakan mata rantai yang tidak terpisahkan dari masing-masing institusi yang terlibat di dalamnya. Sehingga perlu sama-sama melakukan introspeksi dan evaluasi setiap permasalahan yang dihadapi, untuk dibahas bersama hingga dapat dirumuskan tindak lanjut mengatasinya.

“Saat ini pelayanan di Kantor Samsat satu di antara menjadi perhatian presiden agar yang sudah baik dapat lebih ditingkatkan lagi dengan tidak menghitung hari tetapi harus dengan menghitung jam sudah selesai,” katanya.

Dia menambahkan, pesan Gubernur Kalbar Cornelis saat meninjau Kantor Samsat beberapa waktu lalu mengatakan pentingnya peningkatan pelayanan publik.

“Gubernur menyampaikan masyarakat jangan dibebani berbagai persyaratan saat mengurus segala sesuatu. Tetapi berikan kemudahan dengan penyederhanaan sistem dan prosedur,” katanya.

Sementara itu, Dirlantas Polda Kalimantan Barat Komisaris Besar (Pol) Tulus Ikhlas Pamoji sepakat dengan tekad dan semangat reformasi pelayanan publik di jajaran kepolisian.

Pihaknya yang juga termasuk dalam aparat pelayanan di Samsat terus berbenah diri agar kepuasan pelayanan kepada masyarakat dapat terpenuhi. “Terkait pelayanan Samsat menjadi tugas bersama untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat. Berbagai persoalan maupun permasalahan di kepolisian akan dikoordinasikan dan dibahas secara internal,” katanya.

Tulus menyatakan jajaran dari kepolisian di Kantor Samsat selalu membuka diri untuk menyampaikan informasi, kritikan maupun saran dan pemikiran.

“Informasi, saran dan kritikan sangat penting untuk langkah perbaikan bersama,” kata dia.

Dirlantas Kalbar terus mengingatkan soal ketepatan, kecepatan dan kemudahan dalam pelayanan. Namun ia tetap meminta petugas tidak lupa aspek ketelitian agar nanti tidak menimbulkan persoalan baru. (Antara/Yuniar)

Related Posts