3.946 Siswa SMP di Kapuas Hulu Ikuti UN

Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)

Putussibau, thetanjungpuratimes.com – Kepala Seksi (Kasi) Kurikulum SMP/SMA dan SMK Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kapuas Hulu, Itoni mengatakan pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMP/sederajat di Kapuas Hulu, Kalimantan Barat akan diikuti sebanyak 3.946 siswa.

“Ujian tersebut dilaksanakan selama 4 hari, mulai 9-12 Mei 2016, dengan sekolah penyelenggara sebanyak 58 sekolah,” katanya saat ditemui, Minggu (8/5).

Sedangkan dalam pelaksanaan ujian nasional itu melibatkan sejumlah pihak seperti Kementerian Agama, Pengawas satuan pendidikan, Lembaga penjamin mutu pendidikan, Dinas pendidikan dan kebudayaan Provinsi Kalbar, pihak kepolisian dan Dewan pendidikan Kapuas Hulu.

“Kapuas Hulu siap mengikuti ujian nasional tingkat SMP, dan soal sudah didistribusikan ke sekolah penyelenggara,” ujarnya.

Menurut Itoni, dalam pelaksanaan ujian nasional tingkat SMP di Kapuas Hulu tidak ada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), namun semua sekolah melaksanakan ujian paper based test, yaitu ujian secara manual berbasis kertas, seperti halnya dengan pelaksanaan ujian tahun sebelumnya.

Lebih lanjut Ia mengatakan dalam menjaga kerahasiaan soal ujian yang merupakan dokumen Negara, naskah soal yang telah di distribusikan disimpan di Polsek masing-masing kecamatan. Itu dibuktikan dengan berita acara pengamanan naskah soal.

“Meskipun di Kapuas Hulu belum pernah terjadi bocornya soal ujian, namun kami selalu megantisipasi dengan bekerjasama dengan pihak kepolisian, sebab itu dokumen Negara yang sifatnya rahasia, harapan kita pelaksanaan ujian nasional itu berjalan aman dan lacar,” ujarnya.

(Ant/Dede)

Related Posts