Wabup Kapuas Hulu Tinjau Pelaksanaan UN SMP

Wabup Kapuas Hulu Tinjau Pelaksanaan UN SMP

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Wakil Bupati Kapuas Hulu, Antonius L Ain Pamero tinjau pelaksanaan ujian nasional hari pertama SMP sederajat, Senin (9/5).

Wabup mendatangi SMPN 1 Putussibau, SMP Kaya Budi dan MTs N 1 Putussibau.

Dari peninjauan itu, Wabup mengatakan pelaksanaan UN berlangsung cukup lancar. Namun ada beberapa peserta UN yang tidak ikut melaksanakannya.

“Di MTSN 1 Putussibau ini ada 2 perserta yang tidak ikut karena kecelakaan. Sementara di SMPN 1 Putussibau ada 3 siswa yang tidak ikut UN, satu orang karena tidak mau ikut meski sudah 4 kali diusahakan pihak sekolah, satu orang lainnya ada di rumah sakit karena kecelakaan, satu orangnya lagi sakit juga dan dirawat di rumah tapi dia ujian langsung di rumah dengan penjagaan pengawas,” papar Anton.

Berbicara kelulusan, kata dia ini bukan sepenuhnya ditentukan dari sekolah. Melainkan siswa yang bersangkutan, dari seluruh rangkaian ujiannya.

“Tapi ini bukan berarti UN tidak menjadi beban. UN ini menjadi tolok ukur pendidikan, hasil proses belajar mengajarnya selama ini,”.

Disisi lain Anton mengungkapkan apresiasinya pada seluruh SMA/MA dan SMALB di Bumi Uncak Kapuas karena telah mempersiapkan perseta UN nya dengan baik, sehingga seluruh perserta UN SMA sederajat di Kapuas Hulu lulus semuanya.

“UN SMA kita lulus seratus persen. Kami berharap perserta UN SMP sederajat juga bisa lulus semuannya,” ungkap dia.

Sementara itu Kasi Kurikulum SMP-SMA-SMK Disdikpora Kapuas Hulu, Itoni menambahkan keseluruhan perserta UN SMP sederajat adalah 3.946 siswa.

“Jika dirincikan jumlah perserta UN SMP/MTs sebanyak 3.941 orang, sedangkan untuk SMPLB ada 5 orang saja,” paparnya.

(Yohanes/Dede)

Related Posts