Masyarakat Teluk Pakedai Dambakan Pembangunan Pintu Air

Pintu Air

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com Masyarakat Desa Teluk Pakedai I, Kecamatan Teluk Pakedai, Kabupaten Kubu Raya meminta pemerintah Kabupaten maupun Provinsi memberikan bantuan pembangunan pintu air untuk mencegah air laut agar tidak masuk ketika musim pasang besar tiba.

“Seharusnya pembangunan saluran primer, sekunder, tersier dan tanggul juga dilengkapi dengan pintu air sehingga ketika air pasang besar, air laut tidak sampai masuk di lahan perkebunan kelapa dan lahan pertanian padi masyarakat, seperti saat ini,” ungkap Kepala Desa Teluk Pak Kedai I Edy.

Akibat dari masuknya air laut, sebut dia hampir setiap tahun petani kelapa dan padi selalu mengalami gagal panen.

Edy menambahkan, dari sekitar 21 unit pintu air yang harusnya dibangun sejalan dengan pembangunan tanggul, hanya empat yang dibangun, sehingga pembangunan tanggul tersebut bukannya bisa berdampak menghasilkan hasil panen yang baik, melainkan semakin memperparah keadaan petani.

“Kami sudah berupaya akan membangun pintu air tersebut dengan cara gotong royong dan dari anggaran dana desa, tetapi biaya yang dibutuhkan cukup besar, yakni ratusan juta per satu pintu air sehingga tidak akan mampu,” ujarnya.

(Agus/Dede)

Related Posts