Puluhan Desa Kapuas Hulu Belum Dialiri Listrik

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Sebanyak 96 dari 282 desa dan kelurahan di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, belum menikmati aliran listrik.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kapuas Hulu, Yustina A Kethy, Senin mengungkapkan, rasio desa berlistrik di Kapuas Hulu baru 66 persen.

Sedangkan sisanya sampai saat ini masih belum ada listrik. Masih banyaknya desa yang belum tersentuh listrik tersebut disebabkan berbagai faktor.

“Memang kita dihadapkan berbagai kendala salah satunya penyebaran penduduk di Kapuas Hulu tidak merata, dengan jarak desa satu ke desa yang lain cukup jauh dan tidak dekat dengan jaringan listrik, selain itu terbentur minimnya anggaran daerah,” kata Yustina saat ditemui di ruang kerjanya.

Ia menjelaskan ada beberapa upaya yang sudah dilakukan pemerintah daerah, seperti pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH), dan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS).

“Listrik PLN memang sudah masuk ke sejumlah kecamatan, namun terkendala dengan jarak jaringan sehingga belum semua desa teraliri listrik,” kata Yustina.

Menurutnya, untuk 2017 pemerintah akan mengupayakan listrik di 28 desa yang berasal dari pemerintah pusat melalui APBN dengan program pemasangan dan perluasan jaringan listrik PLN.

Dirinya mengatakan usulan tersebut sudah disetujui melalui Musrenbang nasional.

“Listrik itu memang perhatian serius pemerintah, ini terbukti dengan program Presiden Joko Widodo yaitu kedaulatan energi, salah satu sasaranya Kalimantan Barat termasuk Kapuas Hulu, tentunya kita berharap program tersebut terealisasi dan seluruh desa teraliri listrik,” kata Yustina.

Sementara itu, Bupati Kapuas Hulu Abang Muhammad Nasir pernah mengatakan listrik salah satu sektor pembangunan yang mendapat perhatian serius. Ada beberapa langkah yang sudah dilakukan dengan membangun PLTMH dan PLTS.

“Untuk mengatasi persoalan listrik di Kapuas Hulu, ada baiknya memanfaatkan potensi alam yang ada, tentunya akan melalui proses, sebab Kapuas Hulu memiliki banyak sungai yang berpotensi untuk pembangunan PLTA, ini sudah dipikirkan,” kata Nasir. (Ant/Yuniar)

Related Posts