Pemerintah Terus Salurkan KUR Lewat Perbankan

Pemerintah Terus Salurkan KUR Lewat Perbankan

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kredit Usaha Rakyat (KUR) kembali disalurkan oleh pemerintah melalui sejumlah bank yang ditunjuk langsung oleh pemerintah.

Area head Bank Mandiri Kalimantan Barat, Ahadi Subri menjelaskan penyaluran fasilitas KUR di Kalbar hingga tahun 2015 sebesar Rp 54 Miliar, sementara  untuk pengajuan kredit usaha mikro dan ritel meningkat sangat signifikan. Hal itu terlihat pada April 2016, penyaluran KUR Bank Mandiri wilayah Kalbar telah mencapai Rp 154 Miliar.

“Hal ini menandakan berkembangnya usaha mikro kecil dan menengah di Kalbar berbanding lurus dengan penyaluran kredit kepada para pelaku usahanya. Selama ini banyak para pelaku usaha UMKM mengalami kendala dalam pengembangan usaha karena terbentur permodalan,” kata Ahadi dalam acara penyerahan KUR kepada nasabah dan sosialisasi program KUR di pasar Flamboyan Pontianak, Rabu (11/5).

Ia menjelaskan bahwa KUR adalah kredit untuk pembiayaan usaha produktif mikro kecil dan menenga, dan koperasi yang diberikan oleh pemerintah melalui sejumlah perbankan yang ditunjuk sebagai bank penyalur kredit usaha rakyat (KUR), salah satunya adalah Bank Mandiri.

“Segmentasi usaha yang dibiayai KUR Bank Mandiri Area Pontianak beragam mulai dari perdagangan, industri pengolahan, pertanian, perikanan, jasa dan transportasi,” jelas dia.

(Agustiandi/Dede)

Related Posts