Erma : Terapkan Pasal Maksimal Terhadap Pelaku Kejahatan Seksual

Kasus Penculikan 2 Perempuan di Sampit

Singkawang, thetanjungpuratimes.com – Anggota DPR RI, Erma Suryani Ranik meminta kepada jajaran Polres Singkawang menerapkan pasal dengan ancaman maksimal kepada para pelaku kejahatan seksual.

“Pelaku kejahatan seksual harus diterapkan hukuman maksimal, yang dimulai dari penerapan pasal, kemudia ditingkatkan menjadi pemberkasan penyidikan kepolisian. Apalagi korbannya merupakan anak di bawah umur, karena hal itu sangat dapat merusak masa depan anak,” kata Erma.

Lebih lanjut Ema mengatakan, agar ancaman hukuman maksimal ini juga diikuti pada proses hukum yang kemudian berlanjut dari tingkat Polres, Kejaksaan hingga putusan di Pengadilan guna menimbulkan efek jera.

Kota Singkawang dan sekitarnya seperti Kabupaten Sambas, lanjut Erma cukup rentan masalah kejahatan seksual. Tidak jarang korban ada yang di bawah umur.

“Orangtua dan lingkungan harus bersama-sama mengantisipasi kejahatan seksual, yang rentan terjadi pada anak-anak,” pintanya.

Disamping itu, Erma menekankan agar pihak kepolisian untuk tidak mengekspos nama-nama korban pelecehan seksual ke publik, apalagi korbannya merupakan anak-anak di bawah umur.

Erma menambahkan, banyak informasi yang diterimanya saat kunjungan kerja tersebut. Salah satunya, bahwa kasus narkoba merupakan kasus yang paling menonjol yang ditangani Polres Singkawang.

“Kita di Komisi 3 sangat mendukung teman-teman untuk bisa memaksimalkan fungsi-fungsi sebagai aparat hukum,” ujarnya. (Mizar/Yuniar).

Related Posts