Masyarakat Kalbar Diminta Jadi Peserta JKM-KIS

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Barat, Andi Jap mengimbau kepada masyarakat Kalimantan Barat yang belum menjadi peserta Jaminan Kesehatan Masyarakat – Kartu Indonesia Sehat (JKM-KIS) untuk segera mendaftarkan diri.

Ia mengatakan, dengan terdaftar sebagai peserta JKM-KIS, maka akan terjamin dalam hal layanan kesehatan jika terjadi masalah kesehatan.

“Selama anda masih mampu menyisihkan Rp25 ribu per bulan per orang, kalau satu keluarga katakanlah empat orang, berarti dengan menyisihkan Rp100 ribu perbulan,  satu keluarga tersebut sudah aman,” katanya, Kamis (12/5).

Andi menjelaskan, jika sewaktu saat sakit, dan harus dirawat di rumah sakit, dan bahkan harus dirujuk ke Jakarta sekalipun itu akan aman, walaupun terlepas dari segala kekurangan pelayanan kesehatan.

“Terkait dengan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) kenapa harus diintegrasikan dengan JKN, karena jika Jamkesdanya murni hanya di kabupaten sendiri, tidak akan bisa terwujudkan secara nasinal. Tetapi jika dengan terintegrasi ke dalam JKN, maka akan bisa dirujukkan sampai keluar provinsi pun tetap akan di tanggung oleh BPJS,” jelasnya.

Sementara untuk kelompok yang tidak mampu adalah  tugas Negara yang harus mendaftarkan, tapi  berbeda dengan masyarakat yang mampu, harus secara mandiri untuk mendaftar sebagai peserta BPJS Kesehatan. (Agus/Yuniar)

 

 

Related Posts