PDAM Tirta Melawi Targetkan 1200 Sambungan Baru

Melawi, thetanjungpuratimes.com – PDAM Tirta Melawi menargetkan pada tahun 2016 ini ada 1200 sambungan baru bagi masyarakat.

“Produksi kita bagus tapi kita masih kekurangan konsumen. Hingga kini IPA kita di Nanga Pinoh sudah 3 unit, dan jika digabungkan, kapasitas semuanya 90 liter per detik,” papar Direktur PDAM Melawi Agus Darius, Jumat (13/5).

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) pembangunan IPA Tanjung Lay, Ridwan Manik, yang menjadi perwakilan Kepala Satuan Kerja Pengembangan air minum dan sanitasi Provinsi Kalbar menyampaikan. Pembangunan IPA dimulai sejak 2015, program dari Kementerian Pekerjaan Umum (PU), melalui Satuan Kerja Dinas PU Provinsi.

“Anggaranya bersumber dari APBN senilai Rp10 Miliar,” bebernya.

Menurut Ridwan  pembangunan IPA ini, sebagai langkah  atas pemenuhan  kebutuhan masyarakat Melawi, terutama dalam penyediaan air bersih, apalagi pada saat kemarau. Maka dibangun IPA 40 liter perdetik yang  mampu, melayani 3200  Sambungan Rumah (SR) atau 16 ribu jiwa.

“Ini menjadi tabungan investasi bagi PDAM Melawi kedepan,” ungkapnya.

Sementara Bupati Melawi, Panji mengatakan, kebutuhan air bersih yang sehat bagi masyarakat di Melawi memang sangat diperlukan. Sehingga patut disyukuri dengan adanya IPA baru ini, bisa memenuhi kebutuhan di Nanga Pinoh.

“Patut kita syukuri, melalui dana APBN 2015, PDAM melawi bisa mendapatkan IPA satu lagi,” ucapnya.

Untuk itu, kata Panji, sudah seharusnya masyarakat  menjaga sumber-sumber air yang ada, dan memanfaatkannya dengan sebaik mungkin.

(Edi/Dede)

Related Posts