Pemkab Sambas Terus Sosialisasikan SIGAP

Pemkab Sambas Sosialisasikan SIGAP

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Dalam rangka penguatan reformasi birokrasi di tingkat kecamatan, Tim Budaya Kerja Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat kembali menggelar sosialisasi budaya kerja Semangat, Integritas, Gotong Royong, Akuntabel dan Profesional (Sigap) di lima kecamatan.

“Sosialisasi ini penting untuk menciptakan birokrasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik responsif, berintegritas, berkinerja tinggi, bersih dan bebas dari KKN,” ujar staf ahli Bupati Sambas Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Juliansyah, Jumat (13/5).

Juliansyah menjelaskan sosialisasi di lima kecamatan yang meliputi Kecamatan Tebas sebagai tuan rumah, Kecamatan Jawai, Jawai Selatan, Tekarang dan Kecamatan Semparuk juga untuk mendorong agar para aparatur sipil negeri mampu melayani publik, netral, sejahtera, berdedikasi dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara.

“Reformasi birokrasi yang digaung-gaungkan Pemda Sambas bukanlah hal yang tanpa dasar hukum. Beberapa regulasi memperkuat pelaksanaan reformasi birokrasi di Kab Sambas. Seperti Permenpan dan Reformasi Birokrasi Nomor 11 Tahun 2015 tentang Road Map Reformasi Birokrasi Tahun 2015-2019.,” katanya.

Juliansyah menerangkan juga bahwa budaya kerja yang disosialisasikan Tim Budaya Kerja Kab Sambas dengan program SIGAP selaras juga dengan Nawa Cita Presiden RI Joko Widodo yang ke delapan yakni melakukan revolusi karakter bangsa, dimensi perubahan mindset dan culture set reformasi birokrasi menjadi prioritas utama pemerintahan saat ini.

Sementara itu, Kabag Ortal Setda Kab Sambas, Dedy Zulkarnaen menambahkan sosialisasi budaya kerja pada tingkat kecamatan sebagai tindak lanjut pencanangan budaya kerja Sigap, yang dilakukan terus menerus pada seluruh SKPD Pemerintah Kab Sambas.

“Kita harapkan dengan sosialisasi ini diharapkan seluruh unsur aparatur pemerintah daerah dapat memahami dan mengaktualisasikan nilai budaya kerja dalam sikap dan perilaku sehari-hari,” kata dia.

(Ant/Dede)

Related Posts