Sistem Informasi Untan Siapkan Para Calon Technopreneur Andal di Kalbar

Sistem Informasi Untan Siapkan Para Calon Technopreneur Andal di Kalbar

Pontianak, thetanjungpuratimes.com Program Studi Sistem Informasi Untan berdiri tahun 2014. Pada tahun pertama, menerima 30 mahasiswa dengan jalur mandiri. Tahun kedua pada 2015, mulai menerima mahasiswa lewat jalur SMPTN dan mandiri dengan total 58 mahasiswa.

“Saat ini total mahasiswa kami ada 88 orang. Sedang dosen PNS ada 5 orang dan dosen kontrak 1 orang,” ujar Kaprodi Sistem Informasi Fakultas MIPA Untan, Ilhamsyah, S.Si, M.CS.

Untuk program peminatan bidang ahli  Sistem Informasi sendiri, kata Ilhamsyah ada 4 program, yakni Sistem Analis, Technopreneur, Web Programming dan Manajemen IT.

Sistem analis, ujar Ilhamsyah adalah mempelajari cara merencanakan proses data sebelum membangun sebuah aplikasi, dan mempelajari model relasi table data dan model aliran data dalam sebuah sistem informasi.

“Sedangkan Web programming adalah mempelajari bagaimana “mendevelop” sebuah aplikasi sistem informasi, membuat web dan belajar bahasa pemograman, mempelajari HTML untuk interface dan PHP untuk pengolahan data. Di mata kuliah pilihan, mahasiswa  juga mempelajari aplikasi mobile phone agar mereka dapat “mendevelop” sebuah aplikasi mobile phone,” ujar Ilhamsyah.

Peminatan Wirausahawan  IT (Technopreneur), lanjut Ilhamsyah adalah bagaimana mahasiswa bisa memanfaatkan teknologi untuk berwirausaha online. Terakhir, kata dia lagi yaitu manajemen IT yang mempelajari tata kelola sebuah  IT, tata kelola organisasi IT dan bagaimana merencanakan strategis teknologi informasi.

Perbedaan dengan Sistem Komputer

Ilhamsyah menjelaskan, ada beberapa perbedaan antara Sistem Informasi dengan Sistem Komputer. Di Sistem Komputer, lebih membahas tentang sistem kendali, yaitu cara mengendalikan sebuah hardware (perangkat keras) melaui software (perangkat lunak.)  Ia mencontohkan, sebuah robot yang dikendalikan jarak jauh melalui sebuah aplikasi. Selain itu juga sistem buka-tutup irigasi yang dikendalikan jarak jauh lewat sebuah aplikasi.

Sedang di Sistem Informasi lebih banyak membahas tentang manajemen dan bisnis IT serta cara membuat sebuah aplikasi sistem informasi. Sedangkan persamaannya adalah sama-sama belajar mendevelop sebuah aplikasi dari sebuah software. Namun, Di Teknik Informatika lebih ditekankan ke aplikasi sistem kecerdasan, di Sistem Komputer membuat aplikasi untuk sistem kendali, sedang di Sistem Informasi lebih fokus mempelajari  manajemen bisnis IT.

(Vivi/Dede)

Related Posts