Cegah Kejahatan Seksual Anak, Kapolda Kalbar Minta Semua Pihak Terlibat

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kapolda Kalbar, Brigjen Pol Arief Sulistyanto meminta semua pihak terlibat dalam pengawasan pada anak untuk mencegah terjadinya korban kejahatan seksual.

Menurutnya sudah seharusnya ada upaya pendekatan lain yang komprehensif dan total dengan melibatkan seluruh instansi pemerintah, sekolah, masyarakat dan keluarga.

“Jangan bersikap reaktif, hanya bertindak bila sudah ada kejadian. Ini pendekatan yang salah,” ungkap Arief, Sabtu (14/5).

Arief mengatakan, Polda Kalbar sendiri sudah memiliki program pencegahan serupa seperti “Proactive Policing”.

“Ini perlu dukungan semua pihak. Karena tidak semua masalah berada dalam kewenangan dan kompetensi kepolisian serta tidak semua masalah bisa diselesaikan oleh kepolisian sendiri,” ungkapnya lagi.

Dirinya juga menegaskan Polda Kalbar, peranan instansi terkait sangatlah penting untuk mencegah praktik kejahatan seksual pada anak di Kalbar.

“Namun yang terpenting dari semua ini adalah keterlibatan semua unsur dalam melakukan pengawasan. Dengan demikian akan mempersempit ruang gerak terjadinya tindak pidana kejahatan seksual, ” pungkas Arief.

(Slamet Ardiansyah/Dede)

Related Posts