Pangdam XII/Tpr Berangkatkan Kontingen Ton Tangkas

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Panglima Kodam XII/Tanjungpura, Mayjen TNI Agung Risdhianto memberangkatkan Kontingen Peleton (Ton) Tangkas Yonif 642/Kapuas sebagai perwakilan Kodam XII/Tpr dalam Lomba Ton Tangkas TNI AD 2016 di Bandara Supadio Kubu Raya, Sabtu (14/5) sore.

Lomba Ton Tangkas kali ini digelar di Cimahi, Jawa Barat yang akan berlangsung mulai 23 hingga 30 Mei 2016.

Sementara materi yang dilombakan, menembak (pistol dan senapan), How To Fight (HTF), lintas medan, navigasi darat (teori dan praktek), bela diri militer, Kesegaran jasmani dan renang militer.

Menurut Pangdam, Angkatan Darat setiap tahun memiliki program untuk mengecek kesiapan operasional prajurit, baik kesiapan fisik maupun kesiapan keterampilan. Oleh karena itu, angkatan darat mengambil secara random, dari satuan yang ada diundi, dipanggil mengikuti lomba dengan beberapa materi keterampilan.

“Setiap satuan di seluruh Indonesia mempersiapkan diri, karena mereka tidak mau kalah,” jelasnya.

Memang selama ini Kodam XII/Tpr belum mendapatkan hasil lomba yang diharapkan karena berbagai hambatan, satuan Batalyon yang ada di Kodam XII/Tpr semuanya tersebar, tidak satu pangkalan sehingga kesulitan untuk melakukan latihan secara terakumulasi, juga dengan fasilitas latihan yang belum terpenuhi.

”Target kita memperbaiki prestasi yang dicapai sebelumnya, berkaca dari prestasi sebelumnya kita harus mempersiapkan diri lebih baik, memberikan tugas tambahan kepada para Komandan di lapangan yang langsung berhubungan dengan prajurit untuk membina prajuritnya,” tegasnya. (Slamet Ardiansyah/Yuniar)

Related Posts