Kapuas Hulu Minta Retribusi Nyata Dari Konservasi

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Ketua DPRD Kapuas Hulu, Rajuliansyah meminta kepada Anggota DPR RI, H Sukiman agar menyuarakan ke Pemerintah Pusat terkait hak retribusi konservasi yang harusnya dapat diberikan langsung ke daerah konservasi.

“Kami minta retribusi konservasi langsung ke daerah juga, jangan seperti selama ini yang kurang terarah,” kata Rajuli disela pertemuanya dengan H. Sukiman, Senin (16/5).

Rajuli menilai konservasi membuat batasan bagi masyarakat Kapuas Hulu. Masyarakat jadi serba salah dalam memanfaatkan hasil alam.

“Kami sudah punya hutan, tapi tidak bisa memanfaatkannya. Masyarakat jadi serba sulit, dan tidak bisa memanfaatkan alam. Tetapi tidak ada juga yang didapat dari konservasi itu,” keluhnya.

Ketua DPRD Kapuas Hulu ini menyatakan, dunia sudah ‘memarkirkan’ nafas hidupnya di Kapuas Hulu. Kapuas Hulu menyediakan oksigen bagi masyarkat dunia, dengan komitmen menjadi paru paru dunia.

“Tapi mengapa tidak ada langsung ke daerah. Tolong dunia bayar pakir napas itu langsung ke Kapuas Hulu,” pinta Rajuli.

DPRD Kapuas Hulu sendiri melihat ada ketimpangan terkait retribusi dari dunia. Dari itu, melalui Komisi B, DPRD kapuas hulu juga sudah ada Perda no 20 tahun 2015 tentang Konservasi.

“Ini untuk memperjuangkan kepentingan masyarakat, agar mendapatkan porsinya dari komitmen konservasi,” tutupnya. (Yohanes/Yuniar)

Related Posts