Kasdam Tinjau Cetak Sawah di Sekadau

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) XII Tanjungpura, Brigjen TNI Achmad Supriyadi bersama Dandim 1204 Sanggau, Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa meninjau sejumlah lokasi cetak sawah yang ada di Kecamatan Sekadau Hilir. Saat ini dari 600 hektar lahan sawah yang ada, 110 hektar diantaranya sudah tergarap.

Kelompok Tani Sungai Putih, Dusun Janang Sebatu, Desa Tapang Semadak, Kecamatan Sekadau Hilir, Jundeng mengaku, sangat senang dengan adanya program cetak sawah oleh TNI dan Dinas Pertanian.

“Tentu sangat senang karena dapat bantuan bibit dan pupuk,” katanya, Minggu (15/5).

Dia mengatakan, lahan yang sudah digarap saat ini  sebagain masih dalam proses.

“Rencana awal 29 hektar, kalau ditambah tentu tidak masalah. Kami sangat senang tentunya,” ujarnya.

Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan (Distankanak) Kabupaten Sekadau, Sabas mengatakan, program cetak sawah merupakan salah satu upaya agar petani tidak membakar lahan.

“Kabupaten Sekadau, mendapat jatah program cetak sawah seluas 600 hektar,” tuturnya.

Adapun kendala yang dihadapi, kata Sabas, yaitu proses administrasi dan perencanaan yang masih berjalan. Selain itu, kata dia, lahan sawah yang dibuka tidak boleh lahan bekas atau yang sudah digarap.

“Sudah ada yang selesai dan siap ditanami. Dalam waktu dekat sudah bisa dilakukan tanam dan mempersiapkan pupuk,” tukasnya.

Sementara itu, Brigjen TNI Achmad Supriyadi, Kasdam XII Tanjungpura dalam kunjungannya mengaku senang dengan antusias kelompok tani. Ia mengatakan, target pengerjaan tersebut akan diselesaikan, pada 30 Mei 2016 mendatang.

Berdasarkan laporan yang ada, kata dia, dari target 600 hektar baru 110 hektar yang telah digarap.

“Nanti dinas terkait bisa menyiapkan benih, bibit dan pupuk agar segera ditanami oleh petani,” ujarnya.

Meski ada berbagai kendala yang dihadapi, Supriyadi berharap dukungan dari masyarakat.

“Semangat dari masyarakat ini tentu juga membuat kami menjadi termotivasi untuk mensukseskan program ini,” tukasnya. (Yahya/Yuniar)

Related Posts