Masyarakat Kepulauan Karimata Keluhkan Jaringan Komunikasi

Kayong Utara, thetanjungpuratimes.com – Masyarakat Kecamatan Kepulauan Karimata, Kabupaten Kayong Utara mengeluhkan jaringan komunikasi yang belum tersedia hingga saat ini.

“Sudah cukup lama jaringan komunikasi di  Desa Betok Jaya tidak berfungsi. Sehingga kita di bagian pemerintahan sangat sulit untuk dapat berkomunikasi. Termaksuk juga masyarakat yang ingin menghubungi kerabat, anak dan saudara yang berada di luar sana,” ungkap  Kepala Desa Betok Jaya, Kecamatan Kepulauan Karimata, Hasanudin kepada wartawan,  Selasa (17/5).

Jika ingin menanyakan perkembangan informasi di Kabupaten, dirinya harus dengan melalui surat.  Bahkan, jika mendesak, dirinya terpaksa harus berangkat ke Sukadana, sehingga harus merogok kocek lebih dalam lagi.

“Dulu kita cukup nyaman dan sangat bersukur dengan adanya jaringan di Betok Jaya. Namun setelah rusak, terkadang harus menggunakan motor air terlebih dahulu hingga benar-benar menemukan sinyal untuk menelpon. Bahkan tidak jarang, saya dan masyarakat harus menuju perairan Belitung. Karena disana cukup terdapat sinyal. Dan barulah kami dapat berkomunikasi,” terang Kepala Desa Betok Jaya.

Dengan sulitnya untuk berkomunikasi, terkadang tidak jarang jika ada warga yang sedang sakit dan harus dibawa ke Rumah Sakit turut merasakan kesulitan. Karena berharap dengan adanya jaringan tersebut, paling tidak dapat meminta bantuan untuk dapat mengirim Speedboad ambulan keliling guna membawa pasien tersebut.

“Setidaknya jika menggunakan Speedboad ambulan keliing dari Dinas Kesehatan, dengan cepat dapat membawa pasien ke Rumah Sakit. Karena untuk ambulan keliling tersebut, tidak setiap hari ada di Betok Jaya,” jelasanya.

Untuk  pemancar jaringan (Tower) tersebut yang kini tidak berfungsi kembali, awal mulanya didirikan tahun 2012 lalu. Dengan menggunakan tenaga listrik Solar Cell (tenaga Matahari.Red). Namun, lanjut dia, sudah hampir satu tahun tidak berfungsi. Dan sampai saat ini belum ada tindakan atau perbaikan oleh pihak terkait.

“Mewakili masyarakat, saya berharap semoga dalam waktu dekat jaringan komunikasi dapat segera diperbaiki. Agar kami dapat dimudahkan untuk berkomunikasi,” harapnya.

Sementara  Camat Kepulauan Karimata, Kamarudin mengatakan, ampai saat ini untuk jaringan komunikasi di Kepulauan Karimata tidak ada sama sekali. Jadi, terkadang dirinya sangat kesulitan untuk dapat memonitoring perkembangan berita yang ada di Pemerintahan Kabupaten (Sukadana.Red).  (Rizal/Yuniar)

 

Related Posts