Tangkal Radikalisme Jadi Program Kapolres Melawi

Melawi, thetanjungpuratimes.com – Kapolres Melawi, AKBP Oki Waskito berkomitmen melanjutkan berbagai program yang telah dibuat kapolres sebelumnya. Namun Ia juga meminta selama dua minggu kedepan, untuk melakukan observasi kekurangan dan kelebihan di Polres Melawi.

Sementara program khususnya, ada dua hal yang akan dijalankan yakni antisipasi paham radikal yang kini menjadi isu nasional serta isu kemunculan kembali PKI. Berikutnya adalah soal penyalahgunaan senjata api yang kerap berujung kelalaian pemiliknya, hingga merenggut nyawa orang lain.

“Ini salah satu prioritas. Jadi nanti kita ingin sosialisasi soal penyerahan senpi yang dimiliki masyarakat secara ilegal. Kalau soal paham radikal, kita akan lakukan deteksi dini,” katanya ditemui di Mapolres Melawi.

Sementara di internal Polres Melawi, Oki mengaku akan terus melakukan pembinaan terhadap personel, serta melakukan perbaikan Sumber Daya Manusia (SDM). Dan juga perbaikan pengelolaan anggaran, dan pengelolaan sarana prasarana serta sistem dan metode bagian pembinaan.

“Kegiatan operasional, seperti deteksi dini, pencegahan preemtif serta prefentif, patroli, memperbanyak polisi di masyarakat dan terakhir penegakan hukum. Sementara tunggakan kasus, kita akan tetap lanjutkan, karena prosedurnya sudah berjalan. Tak mungkin Kapolres berganti, lalu berkasnya ganti dan nomornya berubah,” ungkapnya.

Terpisah, Kapolsek Nanga Pinoh, AKP Yoyo Kuswoyo mengatakan, pihaknya sedang gencar melaksanakan antisipasi paham radikalisme dengan cara melakukan patrol rutin ke penjual pakaian, aksesoris.

“Sebab lambang atau gambar arit dan palul merupakan ciri-ciri paham radikal itu muncul,” tegasnya.

Selain itu, lanjut Yoyok, pihaknya juga gencar melakukan penggalangan ke kelompok organisasi masyarakat dalam menangkal radikalismes itu. Dengan penggalangan itu, ormas diharapkan tidak melakukan tindakan anarkis jika menemukan sesuatu yang mencurigakan.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat, jika menemukan sesuatu yang mencurigakan serta ciri-ciri paham radikalisme, segera melaporkan ke aparat terdekat,” ucapnya.

Selain Polsek Nanga Pinoh, antisipasi dalam menangkal paham  radikalisme juga dilaksanakan oleh Polsek lainnya yang berada di kecamatan-kecamatan di kabupaten Melawi. Dengan antisipasi tersebut, maka bisa melakukan deteksi dini keberadaan paham radikalisme di Melawi. (Edi/Yuniar)

 

 

Related Posts