Warga Resah Anjing Berkeliaran di Jalanan

Melawi, thetanjungpuratimes.com – Setiap hari semakin banyak anjing di Jalan Pendidikan, Jalan Tengan dan Jalan M. Nawawi Desa Paal yang berkeliaran. Hal ini membuat warga semakin resah. Terlebih mengetahui anjing yang bekeliaran selalu membuat kotor teras rumah, bahkan buang air kecil di teras rumah warga.

“Yang buat kami risih, anjing-anjing itu sering buang air kecil di teras rumah kami. Itukan najis bagi kami,” ungkap H. Ali Akbar kepada wartawan.

Tidak hanya itu, kekhawatiran warga terhadap banyaknya anjing berkeliaran di Desa Paal juga menyangkut peredaran rabies. Dan tidak menutup kemungkinan dari banyaknya anjing yang berkeliaran itu, juga terdapat virus rabies.

“Kami juga ngeri dengan kasus rabies. Apalagi diketahui, sempat ada anjing yang menggigit kambing, hingga membuat kambing itu mati. Jadi kami minta instansi terkait segera menangani anjing yang berkeliaran itu,” katanya.

Untuk itu, Ali meminta kepada pemilik anjing, agar tidak melepas hewan peliharaannya berkeliaran. Jika ingin memelihara anjing, maka kandangilah mereka di rumah pemiliknya, jangan dibiarkan bekeliaran.

“Jangan salahkan kami, jika nantinya anjing yang berkeliaran akan kami tembak dan kami lempari batu hingga mati,” tegasnya.

Ali juga mengatakan, instansi terkait yakni bidang peternakan di Distankannak Melawi, seharusnya memberikan imbauan serta surat edaran, untuk mengingatkan para pemilik ternak seperti anjing, agar diikat atau dikandangin.  (Edi/Yuniar)

 

 

Related Posts