China Mengaku Didukung 40 Negara Soal Laut China Selatan

Beijing, thetanjungpuratoimes.com – China mengatakan, Jumat, lebih dari 40 negara mendukung posisinya dalam kasus hukum internasional yang diajukan Filipina terkait klaim China atas Laut China Selatan.

China menolak kasus yang diangkat Filipina itu dan mengatakan semua persengketaan harus diselesaikan melalui pembicaraan bilateral.

Beijing telah meningkatkan retorikanya menjelang putusan Pengadilan Arbitrase Permanen di Den Haag, Belanda, menyangkut kasus Filipina.

China menyatakan sebagai pemilik seluruh Laut China Selatan, kawasan yang kaya akan energi dan menjadi perlintasan perdagangan maritim senilai lima triliun dolar AS (sekitar Rp68 biliun) setiap tahun.

Filipina, Brunei Darussalem, Vietnam, Malaysia dan Taiwan juga memiliki klaim yang tumpang tindih di kawasan itu.

“Sejauh yang saya tahu, ada lebih dari 40 negara yang telah memberikan pernyataan atau menyatakan posisi mereka melalui berbagai bentuk,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, dalam acara jumpa pers berkala. “Makin banyak negara yang menyatakan posisi mereka dan memberikan dukungan mereka untuk China dalam masalah Laut China Selatan ini.” Ia mengatakan negara yang tidak bias tentunya akan mendukung China.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan pekan ini bahwa negara-negara yang telah menyatakan dukungannya bagi posisi China dalam masalah Laut China Selatan termasuk Burundi, Slovenia, Niger dan Mozambik. (Ant/Yuniar)

Related Posts