Perum Perikanan Siap Ekspor Ikan Sabang

Sabang, thetanjungpuratimes.com – Perum Perikanan Indonesia akan menampung dan mengolah ikan di Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pangkalan Pendaratan Ikan (PPI) Pasiran, Kota Sabang, Aceh untuk diekspor.

Direktur Perum Perikanan Indonesia Syahril Japarin di Sabang, Sabtu mengatakan, perjalanan panjang bangsa Indonesia telah berpaling atau membelakangi laut, padahal laut memiliki potensi yang luar biasa.

“Kita sudah lama membelakangi laut, padahal laut itu 75 persen dari daratan, kehadiran Perum Perikanan di Sabang kita harapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan Sabang, Aceh dan Indonesia,” katanya.

Hal ini di sampaikan saat penandatanganan kerja sama Perum Perikanan Indonedia dan Pemerintah Kota Sabang di UPDT-PPI Pasiran, Gampong (Desa) Kuta Timu, Skakarya, Sabang, Jumat.

Menurutnya, Sabang memiliki potensi hasil tangkapan sangat luar biasa dan diperlukan kerjasama dalam penanganan ikan hasil tangkap tersebut untuk meningkatkan nilai ekonomis dan nilai tambah produk perikanan.

“Ikan hasil tangkapan nelayan Sabang nantinya akan kita ekspor ke Thailand dan beberapa negara tetangga lainnya,” kata Syahril.

Wali Kota Sabang, Zulkifli H Adam mengatakan, hasil tangkapan nelayan berangsur meningkat, hal ini terjadi seiring pemberantasan ilegal fishing di perairan Indonesia.

“Nelayan Sabang sangat merasakan dampak dari pemberantasan ilegal fishing oleh Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti,” akui Zulkifli.

Dia berharap, kehadirian Perum Perikanan di palau paling ujung barat Indonesia ini dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat nelayan melalui penanganan ikan yang konprehensif. (Ant/Yuniar)

Related Posts