Kubu Raya Siapkan 160 Stan Untuk UMKM

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, menyiapkan 162 stan bagi UMKM yang ada di kabupaten itu pada ajang MTQ ke XXVI tingkat Kalimantan Barat.

“Awalnya kita hanya menyiapkan 120 stan saja untuk UMKM. Namun karena animo masyarakat cukup tinggi, sehingga stannya kita tambah menjadi 162,” kata Plt Sekda Kubu Raya, Odang Prasetyo di Sungai Raya, Minggu.

Dia memastikan, pemberian stan untuk berjualan bagi UMKM dalam ajang MTQ Kalbar tersebut diberikan secara gratis, sehingga para pelaku usaha tidak perlu membayar untuk berjualan pada ajang tersebut.

“Jumlah 162 itu berbeda dengan puluhan stand lainnya yang diperuntukan bagi instansi dan pemerintah kabupaten/kota se-Kalbar. Jadi kita harapkan agar kesempatan ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh UMKM untuk meningkatkan omzet mereka,” tuturnya.

Sampai hari ini, kata Odang sudah ada beberapa UMKM yang memasukkan barang pada stan yang disiapkan bagi mereka. Demikian dengan kabupaten/kota lainnya juga sudah berbenah untuk menghias stan mereka masing-masing.

“Jadi, selain bisa menyaksikan penampilan para kafilah dari seluruh Kalbar, masyarakat juga bisa mendatangi stan pameran yang ada di lokasi MTQ ini,” katanya.

Odang menambahkan, untuk menyukseskan kegiatan MTQ Kalbar tersebut, pemerintah Kabupaten Kubu Raya, menggelar doa memohon ampun dan pertolongan atau Istighosah pada Sabtu malam kemarin.

Kegiatan itu katanya, dihadiri oleh ribuan masyarakat Kubu Raya yang berbaur dengan para pegawai yang ada di lingkungan pemkab setempat.

“Kegiatan ini kita lakukan untuk memanjatkan doa kepada Allah, agar pelaksanaan MTQ bisa berjalan lancar tanpa hambatan berarti. Terkait persiapan lainnya, untuk penginapan, perlu saya laporkan, kita telah memesan seluruh hotel yang ada di Kubu Raya dan satu hotel di Kota Pontianak untuk penginapan para kafilah dan tim pendamping,” katanya.

Odang memaparkan, sampai hari ini persiapan pihaknya sudah matang, semua undangan untuk kegiatan pembukaan sudah disebarkan sejak lima hari lalu.

“Hari ini kita sudah melakukan gladi bersih dan besok kita sudah mulai acara pembukaan yang akan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB sampai selesai,” kata Odang. (Ant/Yuniar)

Related Posts