Kunjungan Wisata di Kalbar Naik 10 Persen

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kalimantan Barat, Simplisius mengatakan terjadi kenaikan jumlah wisatawan sebesar 10 persen di provinsi itu, saat libur panjang bulan April dan Mei ini.

“Saat bulan April kemarin, ada libur panjang akhir pekan kemudian ada juga libur Ujian Nasional tingkat SMA sampai SD, menyebabkan kenaikan jumlah wisatawan yang berkunjung di Kalbar,” kata Simplisius di Pontianak, Minggu.

Dia menjelaskan, untuk bulan Mei ini juga diprediksikan terjadi peningkatan jumlah wisatawan di Kalbar, dimana pada beberapa hari lalu ada kegiatan Pekan Gawai Dayak Kalimantan Barat yang tentu mengundang banyak wisatawan untuk datang ke Kalbar.

“Namun itu belum bisa kita kalkulasikan karena kan kegiatannya baru kemarin bahkan sampai hari ini masih berlanjut, sehingga kita belum hitung-hitungan,” tuturnya.

Pihaknya hanya bisa memprediksikan, akan terjadi peningkatan 15 persen untuk kunjungan wisatawan ke Kalbar pada bulan Mei ini, karena ada agenda PGD tersebut.

Untuk bulan Juni sampai Juli nanti, pihaknya juga memprediksikan terjadi peningkatan kunjungan wisatawan karena pada tanggal 1 Juni nanti Menko Maritim akan meresmikan kegiatan Sail Karimata di Jakarta kemudian dilanjutkan untuk kegiatan puncaknya di Kalimantan Barat, tepatnya di kabupaten Kayong Utara.

Kegiatan itu diyakininya bisa menyedot banyak kunjungan wisatawan baik dari seluruh daerah di Indonesia maupun dari mancanegara. “Makanya kita terus berkoordinasi dengan panitia pusat, agar kegiatan ini bisa benar-benar sukses kita selenggarakan karena kegiatan Sail Karimata ini akan mengangkat nama Kalbar ke dunia Internasional,” kata Simplisius.

Sebelumnya, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kalbar Gatot Rudiyono mengatakan sebagai salah satu pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Sail Karimata, pihaknya mengharapkan kapal Yacht asing dari beberapa negara akan berdampak positif bagi pamor Selat Karimata di mata Internasional.

“Pulau Karimata beserta perairannya selama ini dikenal sebagai wilayah suaka ikan dengan keberadaan bio diversitas,” katanya.

Gatot mengatakan, Pemprov Kalbar bertekad agar provinsi itu bisa dikenal luas oleh dunia melalui pagelaran akbar Sail Karimata, di Kabupaten Kayong Utara bulan September mendatang.

“Even besar ini akan diikuti masyarakat dari belahan dunia seperti Asia, Amerika, Australia dan Eropa. Karena even yang akan diselenggarakan pada September 2016 mendatang itupun dimaksudkan, untuk memajukan sektor pariwisata pada potensi kelautan dengan melibatkan para pelayar kapal Yacht dari berbagai negara, kita harapkan ini bisa berpengaruh besar pada sektor pariwisata di Kalbar,” katanya. (Ant/Yuniar)

Related Posts