Kemenag Landak Minta Calhaj Lunasi BPIH

Kemenag Bantah Jamaah Calon Haji Diminta Uang

Landak, thetanjungpuratimes.com – Proses pelaksanaan ibadah haji tahun 2016 sudah memasuki tahapan pelunasan Biaya Perjalanan Ibadah Haji (BPIH).

Untuk di Kabupaten Landak sendiri, dari 40 calon jamaah haji, baru 10 orang yang sudah melunasi BPIH nya. Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Landak, Taufiqqurohman mengatakan, untuk tahap pertama pelunasan BPIH sudah dimulai sejak 19 Juni lalu hingga 10 Juli mendatang. Sedangkan tahap kedua dimuali 20-30 Juli mendatang.

“Sampai saat ini baru 10 calon jamaah haji asal Landak yang sudah melunasi BPIH. Sedangkan calon jamaah lainnya masih dalam proses pelunasan. Bagi calon jamaah haji yang memiliki dana-dana di tabungan haji belum mencukupi untuk pelunasan, kita hubungi supaya mulai melakukan pelunasan. Sehingga calon jamaah haji ini menambah tabungannya lagi untuk bisa disetor ke Kemenag,” ujar Taufiq, Senin (23/5).

Dijelaskannya, saat ini besaran BPIH untuk embarkasi Batam yang harus dilunasi para calon jamaah haji sebesar Rp. 32 juta.

“Sekarang kita pakai rupiah, tidak pakai dollar lagi. Dengan demikian, tidak ada lagi selesih BPIH,” katanya.

(NY/Dede)

Related Posts