28 Peserta MTQ Ikuti Cabang Khatil Qur’an Golongan Naskah

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Sebanyak 28 peserta dari 14 kafilah kabupaten/kota mengikuti Musabaqah Khattil Qur’an (Kaligrafi) golongan naskah, di hari pertama pelaksanaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke XXVI tingkat Provinsi Kalimantan Barat yang berlangsung di Sekolah Bumi Taruna Khatulistiwa, Kabupaten Kubu Raya, Selasa (24/5).

Dari 28 peserta yang terdiri dari 14 pria dan 14 wanita ini menampilkan sejumlah karakter dan kaidah penulisan arab.

Dewan Juri Cabang Khattil Qur’an, Abdul Muthalib mengatakan, adapun penilaian yang diberikan kepada peserta Musabaqah Khattil Qur’an golongan naskah ini yakni, para peserta diharuskan menulis Al-Qur’an dengan 2 karakter yang meliputi tulisan wajib dan tulisan pilihan.

“Kami akan menilai dari qaidah tulisan naskah tulisan arab yang biasa dijumpai dalam Al-Qur’an. Sedangkan untuk pilihannya, para peserta harus menulis Al-Qur’an dengan tulisan selain naskah, diantaranya Tsulust, Diwani, Diwani Djali, Khaufi dan Riq’ah,” katanya.

Selain dari segi penulisan, penilaian juga diberikan kepada tata letak penulisan, keserasian tulisan dan kebersihan serta tanda baca pada ayat tersebut.

“Untuk hari ini cabang Khattil Qur’an yang diperlombakan hanya untuk golongan naskah saja, sedangkan untuk golongan Hiasan Mushaf dan Dekorasi akan diperlombakan pada besok dan lusa,” ucapnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Singkawang Tengah ini menjelaskan, para peserta cabang Khattil Qur’an ini memang didominasi oleh santri dari berbagai Pondok Pesantren.

Sebab menurutnya, kebanyakan Pondok Pesantren di Kalimantan Barat memang sudah mengajarkan santrinya tentang Khattil Qur’an, sehingga saat ini banyak para Khattot (Orang yang mahir dalam Kaligrafi) terlahir dari pendidikannya selama belajar di Pondok Pesantren.

“Dengan adanya Musabaqah Khattil Qur’an ini, Kalimantan Barat memiliki sosok yang mahir dalam penulisan Al-Qur’an yang sesuai dengan qaidahnya,” pungkasnya.  (Faisal/Yuniar)

Related Posts